Interaksi Edukatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Kelas IV di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo

Nurwahid, Muhammad Khamim (2021) Interaksi Edukatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Kelas IV di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses 210317327 Muhammad Khamim Nurwahid.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Interaksi pembelajaran merupakan hubungan timbal balik antara guru dengan murid yang ditunjukkan adanya hubungan yang bersifat edukatif (mendidik). Interaksi diarahkan pada tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan tingkah laku ke arah yang lebih dewasa. Interaksi edukatif yang baik maka akan menumbuhkan suatu motvasi pada diri murid. Motivasi ini sangat diperlukan untuk menunjang keefektifan sebuah proses pembelajaran. Dengan adanya ini ada permasalahan krisis motivasi belajar pada murid. Sehingga proses pembelajaran di dalam kelas tidak berjalan secara efektif dan pada akhirnya yang terjadi adalah pemahaman murid terhadap materi pembelajaran yang menurun. Maka hal ini dapat menjadi penghambat pada pencapaian tujuan pendidikan yang hakiki.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi edukatif di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates, Slahung, Ponorogo (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru untuk menciptakan interaksi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar murid kelas IV di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates, Slahung, Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitataif deskriptif yang berlatar di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo berkaitan dengan meningkatkan motivasi edukatif di antaranya adalah, interaksi antara sesama guru, interaksi antara guru dan murid, dan interaksi antara guru dengan wali murid, yang mana ketiga interaksi tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. (2) Upaya guru dalam menciptakan interaksi yang dapat motivasi belajar murid adalah dengan cara meningkatkan minat belajar murid terlebih dahulu, pemberian intensif dengan memberikan point, mengadakan kompetisi di dalam kelas, memberikan hadiah, memberikan hasil belajar, memberikan pujian, memberikan hukuman, dan guru selalu mengarahkan perilaku murid dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:01
Last Modified: 03 Jun 2021 06:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14992

Actions (login required)

View Item View Item