Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak

Kusumo, Prasetyo Hadi (2021) Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211516006_PRASETYO HADI KUSUMO_BPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hadi Kusumo, Prasetyo, 2021, Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab, Dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.
Kata Kunci: Manajemen, Bimbingan dan Konseling
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya ketertarikan terhadap fenomena manajemen pendidikan yang baik, terhadap banyaknya siswa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak. Terutama dalam mengelola manajemen layanan bimbingan dan konseling dan layanan-layanan yang diberikan kepada peserta didik, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendiskripsikan upaya mengelola pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak; (2) untuk menguraikan layana-layanan bimbingan dan konseling yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif (studi kasus). Subjek penelitiannya adalah Wakil Kepala Bagian Kesiswaan, Koordinator BK dan Anggota BK. Sedangkan objek penelitiannya adalah Manajemen dan bentuk-bentuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan bimbingan konseling pribadi dan kelompok. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan diskriptif-kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: layanan BK di MTs Darul Huda telah berjalan dengan baik. Pertama, Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling, di MTs Darul Huda Mayak terdiri dari: (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pelaksanaan; dan (4) evaluasi. Kedua, beberapa layanan bimbingan dan konseling yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda diantaranya: (a) Layanan Orientas; (b) Layanan Informasi; (c) Layanan Penempatan dan Penyaluran; (d)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:58
Last Modified: 03 Jun 2021 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item