PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 JETIS

Marindah, Marindah (2021) PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 JETIS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211417009_MARINDAH_e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Marindah, 2021. Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung
Jawab Siswa di SMP Negeri 1 Jetis Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Penorogo.
Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Pembelajaran
IPS.
Pendidikan karakter adalah salah satu pendidikan yang utama dalam sebuah lembaga
pendidikan baik formal maupun nonformal diantara bentuk karakter yang perlu ditanamkan
adalah karakter disiplin dan tanggung jawab. Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan
suatu hal yang sangat penting, karena karakter berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari
seseorang dalam hidup bermasyarakat. Termasuk dalam bergaul, berkelompok maupun dalam
bersosialisasi. Karakter yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya tidak
pernah lepas dari proses pembelajaran dan proses pembentukan dari diri manusia itu sendiri.
Dalam hal penanaman karakter bisa didapatkan dalam lingkup keluarga, sekolah dan lingkungan,
baik dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai
karakter disiplin dan tanggungjawab melalui pembelajaran IPS pada kelas VIII SMP N 1 Jetis.
(2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat guru dalam menanamkan karakter disiplin dan
tanggung jawab melalui pembelajaran IPS terhadap siswa kelas VIII H SMP N 1 Jetis. (3)
mengetahui hasil strategi pelaksanaan penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab
melalui pembelajaran IPS terhadap siswa kelas VIII H SMP N 1 Jetis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dirancang dengan
teknik analisis deskriptif menggunakan konsep Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu
reduksi data, penyajian data (data display) dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Subyek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa SMP Negeri 1 Jetis.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa:1) Strategi peran guru IPS dalam penanaman
nilai karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP Negeri 1 Jetis ditanamkan melalui
motivasi dan keteladanan guru, pelibatan siswa aktif dalam pembelajaran, pembiasaan diri,
pemberian sanksi bagi yang melanggar. Disini guru telah berperan sesuai dengan peran guru
yaitu sebagai supervisor, evaluator, educator dan motivator. 2) Faktor pendorong yang dialami
guru IPS dalam penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP Negeri 1
Jetis adalah motivasi yang kuat, dukungan orang tua, aturan sekolah dan lingkungan. Sedangkan
faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi belajar siswa sehingga kurang efisien dalam
memanfaatkan waktu untuk belajar dan lingkungan yang kurang mendukung.3) Hasil dari
strategi guru IPS dalam pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap
siswa kelas VIII melalui kegiatan memotivasi maka siswa menjadi semangat dalam disiplin dan
tanggung jawab terhadap amanah yang diemban yaitu sebagai siswa, melalui keteladanan, siswa
telah mampu menerapkan dan menanamkan bentuk bentuk diplin dan bertanggung jawab dalam
berpakaian, waktu amupun tugas-tugas yang diemban, melalui kegiatan pelibatan aktif siswa
dalam pembelajaran dikelas, hasil terlihat dari keaktifan siswa dalam berdiskusi, keaktifan siswa
dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, serta selalu belajar
semangat dalam belajar, pembiasaan diri yang telah diterapkan oleh guru IPS, berhasil melatih
siswa lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam hal ibadah, siswa terbiasa membantu sesama
dan orang tua, dan siswa terlihat disiplin dan bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri,
melalui upaya memberikan sanksi terhadap siswa yang melakukan pelanggaran menjadikan
siswa jera dan lebih taat dan patuh lagi terhadap tanggungjawabnya sebagai murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:33
Last Modified: 03 Jun 2021 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

View Item View Item