StudiKomparatif Konsep Waris Menurut Hazairin dan Muhammad Syahrur

Jamaluddin, Jamaluddin (2021) StudiKomparatif Konsep Waris Menurut Hazairin dan Muhammad Syahrur. Undergraduate (S1) thesis, Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI JAMALUDDIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jamaluddin. 2021. Studi Komparatif Konsep Waris Menurut Hazairin dan Muhammad Syahrur. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi Fitia Maliha. M.H.I.
Kata Kunci: Waris, Hazairin, Muhammad Syahrur, Studi Komparatif
Hukum waris telah di atur dalam al-Qur’an, tetapi kenyataan yang ada di lapangan masih menimbulkan perselisihan yang beraneka ragam terutama dalam pembagian antara laki-laki dan perempuan yang dirasa kurang adil bagi sebagian pihak. Karena mereka menginginkan adanya keadilan yang menurutnya sangat adil dan seimbang dalam masalah waris yang diterapkan dalam pembagiannya itu. Ada beberapa tokoh yang berbeda pendapat mengenai hukum waris, salah satu tokoh yaitu Hazairin, Hazairin berpendapat bahwa hukum waris yang sangat relevan yaitu kewarisan bilateral, karena dalam hukum waris bilateral itu menggunakan sistem kekeluargaan dua jalur yaitu ayah dan ibu. Menurutnya laki-laki dan perempuan itu memiliki hak yang sama dalam masalah waris. Selain Hazairin terdapat pula tokoh kontemporer yang membahas masalah waris yaitu Muhammad Syahrur, menurutnya dslsm pembagian waris 2:1 itu batas maksimal bagi laki-laki dan 1:1 itu batas maksimal bagi perempuan, dalam perbandingannya itu dapat dipertimbangkan dengan melihat siapa yang mengurus dalam keluarganya (menafkahi).
Dari uraian latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah; pertama, Bagaimana Hazairin dan Muhammad Syahrur memahami ayat-ayat tentang hukum waris? Bagaimana Hazairin dan Muhammad Syahrur memahami pembagian hukum waris?

Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research, yang mana penulis mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari data-data kepustakaan seperti buku, jurnal, maupun artikel yang mendukung penelitian ini. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, komparatif yakni dengan memaparkan data tersebut, kemudian membandingkan data objek kajian yang diteliti sehingga dapat diambil kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:30
Last Modified: 03 Jun 2021 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item