HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS XI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Musa, Robert Muhammad (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS XI DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317311_ROBERT MUHAMMAD MUSA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Musa, Robert Muhammad. 2021. Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Sikap Disiplin Siswa Kelas XI Di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri, Ponorogo. Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, M.A.

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Sikap Disiplin, Lingkungan Sekolah.

Kedisiplinan adalah salah satu aspek yang nantinya dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan dalam aspek apapun, termasuk dalam proses pendidikan maupun pembelajaran. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang digunakan untuk menghadapi dan memecahkan masalah, makna, dan nilai kehidupan. Kecerdasan spiritual menempatkan perilaku dan kehidupan manusia secara luas dan komprehensif. Banyak siswa SMAN 1 Jenangan Ponorogo yang memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang tinggi tapi tidak didukung dengan sikap disiplin yang baik. Dari sini, kami tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan spiritual mempengaruhi sikap disiplin siswa di lingkungan sekolah SMAN 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kecerdasan spiritual dengan sikap disiplin siswa kelas XI di lingkungan sekolah SMAN 1 Jenangan Ponorogo berdasarkan kondisi atau latar belakang siswa yang berbeda-beda.
Penelitian ini menggunakan model pendekatan kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan Ponorogo sebanyak 76 siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 48 siswa yang berlokasi di SMAN 1 Jenangan Ponorogo. Dalam menganalisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual memiliki presentase sebesar 71% tergolong tinggi dan sikap disiplin sebesar 54% tergolong sedang pada siswa kelas XI di lingkungan SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. Hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan spiritual siswa terhadap sikap disiplin siswa kelas XI di lingkungan SMAN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, yaitu sebesar 28,4%.
Saran yang dapat kami berikan untuk SMAN 1 Jenangan Ponorogo yaitu untuk senantiasa selalu berupaya meningkatkan kecerdasan spiritual serta sikap disiplin siswa sehingga akan memberikan pengaruh yang positif dan luas bukan hanya pada aspek sikap disiplin saja, tetapi pada aspek kehidupan siswa agar memiliki pribadi yang semakin cerdas, mandiri, kreatif, luwes, dapat mengatasi masalah, memiliki sikap optimis hidup yang tinggi dan berhati mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:26
Last Modified: 03 Jun 2021 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item View Item