Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Takhasus Menghafal Surat-surat Pendek Di MIN 1 Ponorogo

Cendani, Shelfia Intan (2021) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Takhasus Menghafal Surat-surat Pendek Di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617208_SHELFIA INTAN CENDANI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cendani. Shelfia Intan. Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Takhasus Menghafal Surat-Surat Pendek di MIN 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter
Manajemen dalam konteks pendidikan karakter di sekolah/madrasah pada intinya yaitu upaya pengkondisian siswa dan seluruh stakeholder yang ada agar mereka dapat melaksanakan karakter yang luhur. Pelaksanaan pendidikan karakter di suatu madrasah sangat penting sekali, karena melihat bahwa dewasa ini karakter pada diri manusia masih sangat minim sekali. Pada intinya, pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, kompetitif, bertoleransi, gotong royong, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Berdasarkan informasi dari wali kelas, di MIN 1 Ponorogo masih banyak siswa yang karakternya masih kurang. Oleh sebab itu, karena lunturnya nilai karakter tersebut upaya yang perlu dilakukan yaitu penanaman dan penerapan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan takhasus hafalan surat pendek sejak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus menghafal surat-surat pendek di MIN 1 Ponorogo, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus menghafal surat-surat pendek di MIN 1 ponorogo, (3) mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus menghafal surat-surat pendek di MIN 1 Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model interaktif yang diadopsi dari Miles dan Hubberman ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa (1) perencanaan penerapan pendidikan karakter didasarkan pada visi, misi, dan tujuan madrasah. Perencanaan penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus yaitu dimulai awal semester atau tahun ajaran baru. (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus dilaksanakan menggunakan metode dril, dan media berupa tulisan-tulisan yang ditempel di sudut-sudut madrasah. (3) evaluasi penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan takhasus dilakukan melalui ujian, buku panduan, sharing antar guru, dan home visit. Hasil evaluasi tersebut sudah cukup baik sesuai yang diharapkan oleh pihak madrasah, hal tersebut dikarenakan siswa merespon dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:22
Last Modified: 03 Jun 2021 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item View Item