..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DIKETIK, UPLOAD ULANG)....Tabungan Mud}a<rabah di BMT MBS Syariah Madiun (Tinjauan Hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000).

Fikria, Novia Rosyidatul (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DIKETIK, UPLOAD ULANG)....Tabungan Mud}a<rabah di BMT MBS Syariah Madiun (Tinjauan Hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
watermark SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fikriya, Novia Rosyidatul, 2021.Tabungan Mud}a<rabah di BMT MBS Syariah Madiun (Tinjauan Hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000).Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra, M.H.Li.
Kata kunci:Mud}a<rabah, Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000
Hukum Islam dan Fatwa DSN merupakan produk ijtihad para ulama bagi umat Islam. Berbeda dengan hukum Islam yang bersifat global, fatwa DSN dikeluarkan oleh dewan pengawas yang berada di bawah naungan MUI sebagai pedoman dalam melaksanakan ketentuan syariah bagi lembaga keuangan syariah di Indonesia. Salah satu fatwa yang ditetapkan oleh DSN adalah fatwa No.2/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan. Tabungan merupakan salah satu produk penghimpunan dana pada lembaga keuangan. Pada BMT MBS Syariah Madiun tabungan menjadi salah satu produk penghimpun dana dengan berbagai jenis. Salah satu jenis tabungan yang disediakan MBS Syariah adalah tabungan mud}a<rabah regular.Dalam mekanismenya nasabah dapat melakukan penarikan setiap saat. Selain itu, pembagian keuntungan dilakukan oleh pihak MBS dan porsi pembagian keuntungan tidak diketahui oleh nasabah dan tidak dituangkan dalam akad pembukaan rekening.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000 terhadap penarikan tabungan mud}a<rabah di BMT MBS Syariah Madiun?(2) Bagaimana tinjauan hukum Islam dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.2 /DSN-MUI/IV/2000 terhadap pembagian keuntungan tabungan mud}a<rabah di BMT MBS Syariah Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data penulis menggunakan metode deduktif yaitu penggunaan data yang diawali dengan membahas teori-teori yang bersifat umum kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penarikan tabungan mud}a<rabah yang dapat dilakukan setiap saat belum sesuai dengan hukum Islam dan telah sesuai dengan fatwa DSN No.2/DSN-MUI/IV/2000 karena fatwa tidak mengatur secara rinci terkait waktu penarikan tabungan mud}a<rabah. Sedangkan mengenai pembagian keuntungan dalam bentuk nisbah telah sesuai denga hukum Islam dan fatwa DSN No.2/DSN-MUI/IV/2000. Namun pembagian keuntungan yang tidak dicantumkan dalam akad pembukaan rekening belum sesuai dengan fatwayang berbunyi “Pembagian keuntungan harus dinyatakan dalam bentuk nisbah dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:21
Last Modified: 03 Jun 2021 04:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14970

Actions (login required)

View Item View Item