Konsep Belajar Menurut Surat al-‘Alaq Ayat 1-5 dan Surat an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Andini, Ayuk (2021) Konsep Belajar Menurut Surat al-‘Alaq Ayat 1-5 dan Surat an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317110_AYUK ANDINI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andini, Ayuk. 2021. Konsep Belajar Menurut Surat al-‘Alaq Ayat 1-5 dan Surat an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Konsep Belajar Surat al-‘Alaq 1-5 dan Surat an-Nahl 78, Tujuan Pendidikan Islam
Surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 merupakan contoh surat yang terdapat di al-Qur’an yang menjelaskan betapa pentingnya kegiatan belajar. Di dalam surat tersebut mengandung tentang konsep belajar dan tujuan pendidikan Islam. Setiap manusia mempunyai kewajiban belajar. Belajar tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Belajar dan tujuan pendidikan Islam mempunyai keterkaitan satu sama lain. Tercapainya tujuan pendidikan Islam yang diinginkan hendaknya membutuhkan suatu proses belajar. Belajar tidak hanya berkaitan dengan pelajaran. Segala sesuatu yang menghasilkan pengalaman positif, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan konsep belajar yang terkandung dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 dalam kitab Tafsir al-Jalaalayn, (2) Mendeskripsikan relevansinya konsep belajar yang terkandung dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 terhadap tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk ke dalam penelitian pustaka library research, dengan menggunakan bahan-bahan pustaka yang dijadikan sumber utama penelitian ini. Teknik analisis data penelitian ini dengan analisis konten. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik studi dokumenter dengan mengumpulkan data melalui media tertulis seperti buku-buku, majalah,artikel dan dalil-dalil/hukum-hukum yang berkaitan dengan penelitian ini.
Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa: (1) Konsep belajar yang terkandung dalam kedua surat tersebut meliputi pengertian belajar, gaya belajar, motivasi belajar, faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, dan teori belajar. (2) Terdapat relevansinya antara konsep belajar dengan tujuan pendidikan Islam yang terkandung di dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78. Hal tersebut di buktikan dengan adanya perintah membaca, menulis dan bertauhid dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5 dan didukung berbagai potensi yang terdapat di surat an-Nahl ayat 78. Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam maka perlu adanya kegiatan membaca, menulis, beriman dan bersyukur. Karena tujuan dari pendidikan Islam sendiri adalah menjadi hamba Allah. Hamba Allah yang dapat menjalin keharmonisan hubungannya dengan Sang Khaliq, manusia dan alam semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:15
Last Modified: 03 Jun 2021 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item