(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)....Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad Karya Imam Al-GhazaliDan Relevansiya Dengan Tujuan Pendidikan Islam

Mu'anasah, Yaspi (2021) (LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)....Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad Karya Imam Al-GhazaliDan Relevansiya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 210317037 YASPI MU'ANASAH.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

MU’ANASAH, YASPI. 2021, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ayyuha> Al-Walad Karya Imam Al-Gha>zali> Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Jurusan Agama Islam. Institut Agaa Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M. Pd. I.

Kata Kunci : Pendidikan karakter, kitab Ayyuha> Al-Walad, Imam Al-Gha>zali>.

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuha al-Walad. Kajiannya dilatar belakangi oleh kitab karya Imam Al-Ghazali yang relevan dengan dengan tujuan pendidikan Islam. Kitab Ayyuha> al-Walad merupakan sebuah judul kita yang isinya penuh dengan nasehat-nasehat Imam Gha>zali> kepada santrinya. Bukan hanya nasehat yang diberikan tetapi juga ada pesan moral dan nilai karakter yang sangat bagus bila diterapkan kepada anak-anak ataupun peserta didik, baik dirumah maupun di lingkungan pendidikan.

Di era modern ini, dunia pendidikan lebih mementingkan urusan akademik yang bertujuan agar siswa mendapat nilai akademik yang bagus, daripada menanamkan karakter yang baik kepada mereka. Penelitian.inidimaksudkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan : (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuha> al-Walad karya Ima>m Al-Gha>zali>. (2) Mengetahui relevansi pendidikan karakter menurut Ima>m Al-Gha>zali> dalam kitab Ayyuha> al-Walad dengan tujuan pendidikan Islam.

Skripsi ini merupakan jenis penelitian library research atau studi kepustakaan dengan mengambil objek kitab Ayyuha> al-Walad berkaitan dengan pendidiian karakter. sumber data primer dan sekunder diperolah melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Seelanjutnya data dianalisis.

Kitab Ayyuha> al-Walad karya Imam Al-Gha>zali>berisi tentang nasehat-nasehat yaitu bertakwa kepada Allah, beribadah kepada Allah, jujur dan nasihat-nasihat lain untuk muridnya. Pendidikan karakter pemikiran Imam Al-Gha>zali> dalam kitab Ayyuha> al-Walad mencakup dua nilai yakni : nilai individu yang meliputi karakter religius, jujur, tanggung jawab, toleransi, dan kerja keras. Pendidikan Karakter Kajian Pemikiran Imam Al-Gha>zali> dalam Kitab Ayyuha al-Walad sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam seperti materi, metode dan tujuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:13
Last Modified: 03 Jun 2021 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14956

Actions (login required)

View Item View Item