(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Metode Transformative Learning Pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Kota Lama Ponorogo

Ani, Lutfi (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Metode Transformative Learning Pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Kota Lama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Lutfi Ani_210316016PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ani, Lutfi. 2021. Metode Transformative Learning Pada Kajian Enlighment Pasar Pon Instituet (Epis) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Kauman Kota Lama Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd. I
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Transformative Learning, EPIs
Kesulitan santri terhadap penemuan Pesantren yang menggunakan model pembelajaran yang inovatif, kreatif, kurangnya pemahaman pembelajaran yang aplikatif seperti bergaul, berdiskusi dalam penerapan masyarakat. sehingga timbulnya sifat individualis dalam bergaul dan santri yang apatis dalam bermasyarakat, Santri yang tidak minat dalam dunia literasi dan diskusi. Maka perlu adanya tinjauan kembali mengenai metode baru yang diberi wadah untuk berkembang di Pesantren. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian terkait dengan Metode Transformative Learning Pada Kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Kauman Kota Lama Ponorogo.
Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran transfomative learning pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah (2) Untuk mengetahui hasil metode pembelajaran Transformative Learning pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) dapat meningkatkan belajar santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah (3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung peningkatan berpikir kritis santri dengan metode Transformative Learning pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Patihan Wetan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles & Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) metode pembelajaran Transfomative learning dalam mengembangkan berpikir kritis santri pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok pesantren Mambaul Hikmah Ponorogo dapat memenuhi strategi implementasi model pembalajaran Transformative Learning diantaranya yaitu: Persiapan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, dan Evaluasi pembelajaran. Dan (2) hasil metode pembelajaran Transformative Learning pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah dapat meningkatkan belajar santri dominan pada kemampuan berpikir kritis santri yaitu karakter percaya diri dan rasa ingin tahu (3) faktor yang menghambat dan mendukung metode Transformative Learning pada kajian Enlighment Pasar Pon Institute (EPIs) yaitu mempunyai tempat atau kelas EPIs, peserta didik mayoritas mahasiswa, didukung oleh referensi banyak sebagai faktor pendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang nya sadar diri santri terhadap pentingnya literasi pada diri santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:10
Last Modified: 03 Jun 2021 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14947

Actions (login required)

View Item View Item