..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Smpn 1 Geger Madiun

Lathifah, Hanna (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Smpn 1 Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317439_HANNA LATHIFAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lathifah, Hanna. 2021. Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SMPN 1 Geger Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi: Lia Amalia, M.Si.

Kata Kunci: Guru PAI, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran Daring

Suatu keberhasilan metode pembelajaran dapat dikatakan berhasil atau tidak dapat dilihat dari tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh siswanya dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran daring ini guru dituntun untuk melakukan kegiatan mengajar yang sekreatif mungkin untuk membangkitkan motivasi beljar siswa.
Tujuan adanya penelitia skripsi ini untuk: (1) mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. (2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat yag dialami oleh siswa dalam menghadapi pembelajaran daring.
Untuk mencapai tuuan penelitian diatas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 Geger Madiun. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan metode ceramah, video interaktif, pembelajaran daring, pembelajaran luring, kerjasama dengan orangtua siswa, dan metode penugasan. Bentuk motivasi yang dilakukan dengan memberikan pujian dan kriktikan, kompetisi antar siswa, kerja kelompok, menyampaikan matrei yang dikemas dengan kreatif, dan membrikan nilai tambahan untuk siswa yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Upaya yang dilakukan oleh orangtua dengan menyediakan akses internet, mendampingi dan memantau anak dalam melaksanakan pembelajaran daring, memberikan semangat anak, dan mendisiplinkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. (2) kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kurangnya minat siswa mengikuti pembelajaran daring, akses internet yang belum optimal, dan guru belum dapat menilai aspek afektif dan psikomotorik anak dengan maksimal. Sedangkan kendala yang dihadapai oleh orangtua adalah pengeluaran untuk membeli kuota internet, kurangnya waktu untuk mendampingi siswa belajar, mengahadapi anak yang emosi dalam kegiatan pembelajaran daring, kurangnya pemahaman materi sekolah anak, dan menghadapi anak yang kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

ABSTRACT

Lathifah, Hanna. 2021. PAI Teachers' Efforts to Increase Student Motivation in Online Learning at SMPN 1 Geger Madiun. Thesis, Department of Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Ponorogo State Islamic Institute. Supervisor: Lia Amalia, MSi.

Keyword: Teacher of Islamic religious education, Learning Motivation, and Online Learning.

A successful learning method can be said to be successful or it cannot be seen from the level of learning motivation possessed by students in following the learning activity process. In this online learning process the teacher is led to carry out teaching activities as creatively as possible to arouse student motivation.
The purpose of this thesis research is to: (1) find out the efforts made by Islamic Education teachers in increasing student motivation in online learning. (2) describe the constraints in increasing student motivation. (3) supporting and inhibiting factors experienced by students in facing online learning.
To achieve the research objectives above, a research approach was used, namely a qualitative approach using descriptive research. The research location is SMPN 1 Geger Madiun. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data using triangulation.
The results showed that: (1) the strategies used by the teacher in increasing student motivation were lecture methods, interactive videos, online learning, offline learning, collaboration with parents of students, and assignment methods. This form of motivation is carried out by giving praise and criticism, competition between students, group work, delivering creatively packaged sheets, and giving additional grades to students who can complete assignments well. Efforts are made by parents by providing internet access, accompanying and monitoring children in implementing online learning, encouraging children, and disciplining students in learning activities. (2) the obstacles faced by teachers in increasing student learning motivation are the lack of student participation in participating in learning activities, lack of student interest in online learning, internet access that is not optimal, and teachers have not been able to optimally assess children's affective and psychomotor aspects. Meanwhile, the obstacles faced by parents are expenses for buying internet quotas, lack of time to assist students in learning, dealing with emotional children in online learning activities, lack of understanding of children's school materials, and facing children who are less disciplined in participating in learning activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:57
Last Modified: 03 Jun 2021 04:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item