Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA pada Kelas IV B di MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Nadila, Putri Devi (2021) Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA pada Kelas IV B di MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617197_PUTRI DEVI NADILA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nadila, Putri Devi. 2021. Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA kelas IV B di MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar IPA
Hasil belajar merupakan hasil yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Namun saat ini pada salah satu MI di Ponorogo yaitu MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman masih ditemukan hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor internal seperti gaya belajar dan disiplin belajar. Gaya belajar dan disiplin belajar yang dimiliki siswa itu berbeda sehingga hasil belajar yang didapatkan berbeda pula.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPA, 2) ada tidaknya pengaruh yang antara kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar IPA, 3) ada tidaknya pengaruh antara gaya belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar IPA.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik sampel jenuh Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier bergdana.
Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPA dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,025 < 0,050 dan nilai Fhitung=5,957 > Ftabel = 4,41. Kemudian nilai R=0,499 dengan tingkat korelasi sedang dan besarnya kontribusi 24,9 %. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPA dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,036 < 0,050 dan nilai Fhitung 5,161 > Ftabel = 4,41. Kemudian nilai R= 0,472 dengan tingkat korelasi tergolong sedang dan besarnya kontribusi yaitu 22,3%. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPA dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,047 < 0,050 dan nilai Fhitung 3,672 > Ftabel= 3,59. Kemudian nilai R= 0,549 dengan tingkat korelasi tergolong sedang dan besarnya kontribusi yaitu 30,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:45
Last Modified: 03 Jun 2021 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item