(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, (LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN (STEMPEL DAN TTD ASLI), Pengaruh Pembiasaan dalam Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo

Lailatul Rohmah, Alfi (2021) (GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, (LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN (STEMPEL DAN TTD ASLI), Pengaruh Pembiasaan dalam Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ALFI LAILATUL ROHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Alfi Lailatul. 2021. Pengaruh Pembiasaan dalam Belajar dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Ssiwa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Kayyis Fithri Ajhuri, MA.
Kata Kunci: Pembiasaan Dalam Belajar, Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan untuk membentuk keberagaman sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah kedisiplinan belajar dan pembiasaan siswa. Setiap siswa harus menanamkan sikap disiplin, karena sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa. Disiplin menjadi persyaratan bagi pembentukan sikap, perilaku, tata kehidupan berdisiplin, dan pembiasaan dalam belajar yang menjadi suatu proses untuk membuat seseorang menjadi terbiasa dengan melakukan hal itu secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu ketrampilan di lingkungan sekolah yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar. Dari realita lampangan tampak ada pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar, selain itu pembiasaan siswa juga turut serta mempengaruhinya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembiasaan dalam belajar belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo, (2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo, (3) pengaruh pembiasaan dalam belajar belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan noneksperimen dan metode yang digunakan adalah ekspos fakto. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 105 responden dari jumlah populasi 140 siswa. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sample) dengan mengambil pendapat Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian ditemukan: (1) kedisiplinan belajar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo sebesar 97,4% (2) pembiasaan siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo sebesar 92%, (3) kedisiplinan belajar dan pembiasaan siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo sebesar 47,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:32
Last Modified: 03 Jun 2021 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item