(LENGKAPI TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Belajar Menurut Surat al-„Alaq Ayat 1-5 dan Surat an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Andini, Ayuk (2021) (LENGKAPI TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Belajar Menurut Surat al-„Alaq Ayat 1-5 dan Surat an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317110_AYUK ANDINI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andini, Ayuk. 2021. Konsep Belajar Menurut Surat al-„Alaq Ayat 1-5 dan Surat
an-Nahl Ayat 78 dalam Kitab Tafsir al-Jalaalayn dan Relevansinya dengan
Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Konsep Belajar Surat al-‘Alaq 1-5 dan Surat an-Nahl 78,
Tujuan Pendidikan Islam
Surat al-„Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 merupakan contoh surat
yang terdapat di al-Qur‟an yang menjelaskan betapa pentingnya kegiatan belajar.
Di dalam surat tersebut mengandung tentang konsep belajar dan tujuan
pendidikan Islam. Setiap manusia mempunyai kewajiban belajar. Belajar tidak
mengenal batasan tempat dan waktu. Belajar dan tujuan pendidikan Islam
mempunyai keterkaitan satu sama lain. Tercapainya tujuan pendidikan Islam yang
diinginkan hendaknya membutuhkan suatu proses belajar. Belajar tidak hanya
berkaitan dengan pelajaran. Segala sesuatu yang menghasilkan pengalaman
positif, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan konsep belajar yang
terkandung dalam surat al-„Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 dalam kitab
Tafsir al-Jalaalayn, (2) Mendeskripsikan relevansinya konsep belajar yang
terkandung dalam surat al-„Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78 terhadap
tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk ke
dalam penelitian pustaka library research, dengan menggunakan bahan-bahan
pustaka yang dijadikan sumber utama penelitian ini. Teknik analisis data
penelitian ini dengan analisis konten. Adapun teknik pengumpulan datanya
menggunakan teknik studi dokumenter dengan mengumpulkan data melalui media
tertulis seperti buku-buku, majalah,artikel dan dalil-dalil/hukum-hukum yang
berkaitan dengan penelitian ini.
Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa: (1) Konsep belajar yang
terkandung dalam kedua surat tersebut meliputi pengertian belajar, gaya belajar,
motivasi belajar, faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, dan teori
belajar. (2) Terdapat relevansinya antara konsep belajar dengan tujuan pendidikan
Islam yang terkandung di dalam surat al-„Alaq ayat 1-5 dan surat an-Nahl ayat 78.
Hal tersebut di buktikan dengan adanya perintah membaca, menulis dan bertauhid
dalam surat al-„Alaq ayat 1-5 dan didukung berbagai potensi yang terdapat di
surat an-Nahl ayat 78. Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam maka perlu
adanya kegiatan membaca, menulis, beriman dan bersyukur. Karena tujuan dari
pendidikan Islam sendiri adalah menjadi hamba Allah. Hamba Allah yang dapat
menjalin keharmonisan hubungannya dengan Sang Khaliq, manusia dan alam
semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:18
Last Modified: 03 Jun 2021 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14929

Actions (login required)

View Item View Item