..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP BELAJAR MANDIRI SISWA PADA PEMBELAJAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN SINGGAHAN 01 KECAMATAN KEBONSARI MADIUN SEMESTER GENAP

Krismawati, Krismawati (2021) ..(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP BELAJAR MANDIRI SISWA PADA PEMBELAJAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN SINGGAHAN 01 KECAMATAN KEBONSARI MADIUN SEMESTER GENAP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
krismawati-210617144.docx

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Krismawati. 2020. Upaya Guru untuk Mengembangkan Sikap Belajar Mandiri Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Masa Pandemi Covid-19 . Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Siti Zazak Soraya M.Ed.
Kata Kunci : Covid-19, Kemandirian Siswa, dan Upaya Guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak peserta didik yang masih kurang mandiri pada saat pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Kemandirian peserta didik sangat penting demi ketercapaian tujuan pembelajaran maupun menjadi bekal peserta didik di masa mendatang. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran guru tidak hanya sekedar mengajar saja tetapi juga harus mendidik dengan mengembangkan karakter peserta didik, salah satunya kemandirian dalam belajar.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan bagaimana upaya guru untuk mengembangkan sikap belajar mandiri siswa dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 di SDN Singgahan 01; (2) mengetahui bagaimana bentuk kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 di SDN Singgahan 01; (3) mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat untuk mengembangkan sikap belajar mandiri siswa dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 di SDN Singgahan 01.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data interaktif, yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berbagai upaya guru untuk mengembangkan sikap belajar mandiri siswa dilakukan dengan dengan cara (a) memotivasi (b) mendidik peserta didik (c) pembiasaan; (2) bentuk kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 dapat dilihat dari (a) kesadaran tanggung jawab siswa, (b) siswa dapat mengambil keputusan, (c) siswa dapat bekerja sendiri, (d) siswa memiliki rasa percaya diri dan (e)siswa aktif dalam pembelajaran; dan (3) faktor yang pendukung untuk mengembangkan sikap belajar mandiri siswa yaitu pola asuh orang tua dan sistem pendidikan di sekolah, sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu sistem kehidupan di masyarakat dan akses internet yang kurang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:23
Last Modified: 03 Jun 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item