PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA REMAJA MELALUI KEGIATAN PEMBACAAN KITAB AL-BARZANJI DI DESA BAJANG KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

Suhartanti, Ririn (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA REMAJA MELALUI KEGIATAN PEMBACAAN KITAB AL-BARZANJI DI DESA BAJANG KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN SUHARTANTI 210317080 fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Suhartanti, Ririn. 2021. “Penanaman Nillai-Nilai Religius Pada Remaja Melalui Kegiatan Pembacaan Kitab Al-Barzanji Di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Perguruan dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.

Kata kunci : Nilai-nilai Religius, Kitab Al-Barzanji, Remaja
Kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji merupakan kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai religius pada remaja. Nilai-nilai religius sebagai cerminan tumbuhnya kehidupan beragama terdiri dari unsur aqidah, ibadah dan akhlak. Ketiga unsur pokok tersebut menjadi pedoman para remaja dalam berperilaku di kehidupan sehari-harinya agar terhindar dari kegiaan amoral.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang diadakanya kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, dan untuk mengetahui strategi penanaman nilai-nilai religius pada remaja melalui kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Latar belakang diadakannya kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo adalah untuk membina akhlak para remaja. 2) Pelaksanaan kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Desa Bajang dilaksanakan secara rutin setiap malam jum’at legi, Maulid Nabi, peringatan Isra’ Mi’raj dan pada momen-momen tertentu seperti pernikahan, maupun khitanan. 3) Strategi penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan diadakan kegiatan latihan. Pada tahap pelaksanaan menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan, dan nasihat. Adapun nilai yang ditanamkan pada kegiatan ini adalah berfokus pada nilai akhlak yang merupakan indikator dari nilai religius. Selanjutnya pada tahap evaluasi digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh pemimpin jamaah kepada remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:29
Last Modified: 03 Jun 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item