Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Tentang Materi Haji Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas V Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Pondok Pesanten Darul Huda Mayak Ponorogo

SYUHADA, MUHAMMAD IMAM (2021) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Tentang Materi Haji Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas V Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Pondok Pesanten Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_MUHAMMAD_IMAM_SYUHADA-1-1[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan ialah perangkat lunak perhatian serta sangat penting di Indonesia. Demikian tertuang pada undang-undang dasar 1945 yang menyatakan bahwa salah satu tujuan Negaraa Kesatuaan Republick Indonesiia ialah untuk mememajukan kehidupan bangsa. Bahwa tiap warga negaraa Indonesia wajib untuk menerima persembahan sekolah yang luar biasa sesuai dengan hobi dan kemampuannya tidak berbuat sara. Melainkan pengajaran yang wajib bagi masyarakat serta memajukan atau mengedepankan kehidupan bangsa, selama ini dirasa penting untuk membesarkan agama dan karier kepada masyarakat, khususnya mahasiswa agar menjadi lebih tajam pikiran, lebih mempunyai ketetapan hati ,bertaqwa serta berbudaya. Manusia yang berada.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana bentuk upaya guru fikh dalam meningkatkan pemahaman santri kelas v tentang materi haji di Madrasah Miftahul Huda Mayak Ponorogo (2). Bagaimana implikasi upaya guru fikih terhadap pemahaman santri kelas v tentang materi haji di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data,wawancara,dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisa datayang digunakan adalah reduksi data ( data recudion),penyajian data( data display), dan kesimpulan ( verification).
Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan (1) bagaimana bentuk upaya guru fikh dalam meningkatkan pemahaman santri kelas v tentang materi haji di Madrasah Miftahul Huda Mayak Ponorogo yaitu Hasil penelitian meningkatkan pemahaman santri pada materi haji di Madrasah Miftahul Huda bahwa secara umum,kemampuan santri memahami dan menguasai materi serta praktik tata cara manasik haji telah mencapai kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan santri dalam menjawab pertanyaan dari pemateri serta dari guru secara acak serta pertanyaan evaluasi yang diberikan oleh pemateri serta dari guru dengan baik. Selain itu dari hasil wawancara serta observasi,santri telah memiliki gambaran umum tentang tata cara pelaksanaan diklat manasik haji. (2) Bagaimana implikasi upaya guru fikih terhadap pemahaman santri kelas v tentang materi haji di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Ponorogo yaitu Keberadaan organisasi HIMMAH telah membantu dalam pelaksanaan diklat manasik haji yang diadakan oleh pengurus HIMMAH di madrasah diniyyah miftahul huda pada mengenal olahraggadi madrsah itu bagus serta dengan itu pembinanaan dan pembelajaran di madrsah mifhul hudaa dengan kondusif dan visi dan misi madrasah bisa terwujud. membantu siswa di dalam meningkatkan mengapa sebagian santri belum memahami tentang materi diklat manasik haji, dan santri bukan hanya memahami di dalam pembelajaran kelas saja akan tetapi siswa dituntut untuk bisa mempraktekkannya pada kehidupan nyata karena pada akhirnya siswa dan santri akan hidup berdampingan dengan masyarakat, selain itu pada kesehariannya siswa juga dituntut untuk memiliki akhlaqul karimah di setiap langkahnya pada kehidupan bermasyarakat yang menjadi ciri khas seorang siswa Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: EVI MUAFIAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:38
Last Modified: 03 Jun 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item View Item