..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo

Ni'mah, Ilul Layinatul (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-210317353-ILUL LAYINATUL NI'MAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai religius merupakan nilai yang tertinggi dan mutlak, nilai ini bersumber kepada kepercayaan dan keyakinan manusia. Nilai religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang di anutnya. Sedangkan penanaman nilai-nilai religius dapat melalui keteladanan, yaitu dengan meneladani kisah-kisah Nabi, kelahiran Nabi dan Keluarga Nabi. Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji merupakan sholawat yang berisi tentang syair puji-pujian dan sanjungan atas Nabi Muhammad SAW. Pentingnya, dalam kegiatan Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah yaitu sebagai sarana pembelajaran penanaman nilai-nilai religius selain untuk melestarikan budaya keagamaan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo (2) untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baituraahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo (3) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah Gunungan Ringinputih Sampung Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan, Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah: (1) pelaksanaan kegiatan Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah dalam menanamkan nilai-nilai religius ada lima tahapan yaitu, pembukaan, mauidhoh hasanah, sholawat, mahalul qiyam, dan penutup. (2) nilai-nilai religius yang terkandung dalam sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah ada tiga diantaranya, nilai Akhlak dan kedisiplinan, nilai aqidan dan keteladanan. (3) penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan Sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji di Masjid Baiturrahmah dengan menggunakan cara Keteladanan dan perumpamaan, sholawat dan mauidhoh hasanah. Dengan kegiatan sholawat Addibaiyyah dan Al-Barzanji menjadi pemicu terwujudnya tujuan manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berkepribadian, menguasai ilmu pengetahuan dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat serta beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:23
Last Modified: 03 Jun 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14900

Actions (login required)

View Item View Item