Permainan Tradisional Hompimpa (Studi Nilai Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa)

Masrurin, Sinta (2021) Permainan Tradisional Hompimpa (Studi Nilai Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINTA MASRURIN FIKS E-Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masrurin, Sinta. 2021. Permainan Tradisional Hompimpa (Studi Nilai Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.

Kata Kunci: permainan tradisional hompimpa, pendidikan karakter bangsa
Karakter siswa milenial sangat jauh berbeda dengan siswa zaman sebelumnya. Dapat kita lihat generasi sekarang sangat identik dengan yang namanya media sosial. Seperti yang dikutip Kompas.com, dalam survei Digital Civility Index (DCI) untuk mengukur tingkat kesopanan digital global. Dari total 32 negara yang disurvei pun Indonesia menduduki peringkat bawah yakni urutan ke-29. Salah satu alternative yang menjadi solusi akan terkikisnya karakter anak bangsa adalah dengan menggunakan keragaman budaya bangsa sendiri. salah satu budaya yang dapat digunakan adalah permainan tradisional hompimpa. Permainan ini dapat menstimulasi anak dalam mengembangkan berbabagai kemampuan dasar, untuk menyumbang pembentukan karakter dan identitas manusia Indonesia yang unggul dan tanggap terhadap perubahan tuntutan zaman tanpa tercabut dari identitas akar budayanya. Dengan penggunaan metode permainan tradisional hompimpa siswa atau anak berpeluang untuk menemukan sendiri cara-cara memecahkan berbagai masalah yang dialami. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa orang-orang zaman dahulu tidak sembarangan dalam membuat permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional tradisional hompimpa serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional hompimpa dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa. Tentunya tujuan-tujuan tersebut berusaha dilaksanakan tanpa mengesampingkan pengenalan dan pmertahanan budaya bangsa dalam wujud permainan tradisional hompimpa.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Reseach. Dengan teknik pengumpulan data documentasi, yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai menggunakan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil mengkaji dan menganalisa ditemukan 16 nilai karakter yang terdapat dalam permainan tradisional hompimpa. Kemudian nilai karakter tersebut direlevansikan ke dalam 18 nilai pendidikan karakter yang dirumuskan Kemendikbud. Dari 18 nilai pendidikan karakter perumusan Kemendikbud, terdapat 16 nilai karakter dalam permainan tradisional hompimpa yang relevan. Nilai-nilai tersebut diantaranya: 1) Karakter religious, 2) Karakter jujur, 3) Karakter toleransi, 4) Karakter disiplin, 5) Karakter kerja keras, 6) Karakter kreatif, 7) Karakter mandiri, 8) Karakter demokratis, 9) Karakter rasa ingin tahu, 10) Karakter cinta tanah air, 11) Karakter menghargai prestasi, 12) Karakter bersahabat/komunikatif, 13) Karakter cinta damai, 14) Karakter peduli lingkungan, 15) Karakter peduli sosial, dan 16) Karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:52
Last Modified: 03 Jun 2021 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

View Item View Item