Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Mi Ma’arif Patihan Kidul

Fatimah, Siti (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Mi Ma’arif Patihan Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617231_SITI FATIMAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa adalah puncak seluruh aktivitas yang dilakukan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar yang rendah menunjukkan ketidak berhasilannya suatu pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa hasil belajar matematika kelas 3 MI Ma’arif Patihan Kidul masih sangat rendah. Model pembelajaran yang tidak sesuai mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu cara meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran open ended. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 MI Ma’arif Patihan Kidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran open ended dan siswa yang proses pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Ma’arif Patihan Kidul. Kelas 3 Al Aziz sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran open ended dan kelas 3 Al Muhaimin sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji shapiro-wilk dan uji homogenitas dengan uji levene’s test dan uji hipotesis menggunakan uji independen sample t test. Uji hipotesis diperoleh hasil yaitu nilai sig (2-tailed) atau p value sebesar 0,000 dimana < 0,05. Karena sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara dua nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 27,238 lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen ini karena adanya pembelajaran menggunakan model pembelajaran open ended yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, aktif, bebas mengemukakan ide-idenya dan menyelesaikan masalah dengan berbagai penyelesaian, sehingga siswa dengan mudah memahami materi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:35
Last Modified: 03 Jun 2021 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item