Manajemen Humas dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MAN 1 Kabupaten Madiun)

Daini, Ferri Maswiatud (2021) Manajemen Humas dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MAN 1 Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211217039 FERRI MASWIATUD DAINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Daini, Ferri Maswiatud. 2021. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MAN 1 Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Humas, Promosi, Penerimaan Peserta Didik Baru
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, dalam dunia pendidikan terjadinya persaingan antara satu lembaga dengan lembaga pendidikan lainnya, sehingga yang terjadi banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh penggunanya dengan beberapa alasan. Persaingan antara sekolah umum dengan madrasah (agama) terjadi sangat ketat. Sekolah yang berbasis umum sering membuka jurusan baru sehingga bisa menambah kelas lagi dan akhirnya semakin banyak kelas-kelas yang ada. Sedangkan sekolah yang berbasis agama (madrasah) kurang diketahui atau kurang peminat oleh sebagian masyarakat, sehingga yang terjadi masyarakat beranggapan bahwa sekolah madrasah merupakan sekolah kelas dua yang kalah bersaing dengan sekolah umum, hanya dari sebagian kalangan masyarakat tertentu juga anaknya dimasukan ke sekolah madrasah. Oleh sebab itu, perlu adanya inisiatif dari sekolah mulai dari menganalisis segmentasi pasar, melakukan perencanaan, pelaksanaan yang baik, serta melakukan proses pengendalian dan evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun, (2) Memaparkan pelaksanaan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun, dan (3) Mendeskripsikan evaluasi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan data Reduction (reduksi data), data Display (menyajikan data), dan data Conclusion Drawing/Verification (kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun; (a) dapat ditunjukkan dengan adanya event madrasah (milad), (b) dengan memetakan target, targetnya yaitu anak-anak MTs khususnya atau SMP, (c) dalam menunjang proses perencanaan promosi PPDB MAN 1 Kabupaten Madiun sudah memiliki SDM yang telah mampu mengelola berbagai teknologi informasi dengan memiliki satu programer di bagian teknisi komputer, kemudian MAN 1 Kabupaten Madiun juga memiliki guru TIK dan juga memiliki pengelola Lab TIK yang sudah mampu. (2) Pelaksanaan humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun; (a) dapat di laksanakannya dengan pemasangan banner di depan madrasah, (b) dengan adanya program-program kelas unggulan, (c) dengan menggunakan media promosi yaitu video profil, bisa juga dalam bentuk media cetak seperti kalender, majalah dan pamflet. Selain itu juga melalui bentuk medsos, seperti instagram, youtube, facebook dan web. (3) Evaluasi humas dalam meningkatkan kualitas promosi penerimaan peserta didik baru di MAN 1 Kabupaten Madiun dapat diketahui bahwa dalam keterlibatan dengan pihak internal guru dan karyawan MAN 1 Kabupaten Madiun sangat antusias sekali dalam pelaksanaan evaluasi program humas dan semuanya dapat terlibat dalam rapat evaluasi PPDB. Dan untuk keterlibatan dengan pihak eksternal sifatnya hanya laporan komite.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:19
Last Modified: 03 Jun 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14894

Actions (login required)

View Item View Item