(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASILBELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII A DI MTS AL-MA’ARIF KABUPATEN BADUNG PROVINSI BALI

Prastiwi, Endah (2021) (GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASILBELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII A DI MTS AL-MA’ARIF KABUPATEN BADUNG PROVINSI BALI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417026_ENDAH PRASTIWI_TADRIS IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi IPS Terpadu kelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Badung yang kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor pada saat proses pembelajaran berlangsung, diantaranya: penggunaan model atau metode pembelajaran yang monoton atau hanya terpaku satu arah sehingga membuat siswa cenderung tidak aktif selama proses pembelajaran, terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru saat penerimaan materi berlangsung sehingga hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A yang tidak sesuai dengan harapan. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dikelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Badung dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan keaktifan belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Badung, (2) Untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Badung.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannya ialah siswa kelas VIII A Mts Al-Ma’arif Kabupaten Badung Provinsi Bali sebanyak 35 siswa. Pada siklus I materi yang dibahas ialah mengenai kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia. Pada siklus II materi yang di bahas ialah perlawanan rakyat terhadap kolonialisme dan imperialisme. Objek penelitiannya ialah keaktifan dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Kabupaten Badung Provinsi Bali. Untuk mengetahui adanya peningkatan pada keaktifan siswa kelas VIII A peneliti menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A peneliti menggunakan post-test setelah pembelajaran.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Hasil keaktifan siswa mengalami peningkatan yang terjadi dari siklus I hingga siklus II dengan dibuktikannya dengan persentase siklus I yakni sebesar 28% dengan kategori tinggi, 46% dengan kategori sedang dan 26% dengan kategori rendah meningkat pada siklus II yakni sebesar 86% dengan kategori tinggi, 14% dengan kategori sedang dan 0% dengan kategori rendah. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dibuktikan dengan persentase siklus I yakni sebesar 57% yang mengalami ketuntasan dan siklus II menjadi 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A di MTs Al-Ma’arif Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:34
Last Modified: 03 Jun 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14893

Actions (login required)

View Item View Item