UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA VISUAL DI SMPN 1 SAMBIT

Pramadhan, Dendy Putra (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA VISUAL DI SMPN 1 SAMBIT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MAS DENDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pramadhan, Dendy Putra. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Media Visual di SMPN 1 Sambit. Skripsi Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, M.Si
Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar.
Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan yang merangsang yangsesuai untuk belajar. Penggunan media gambar dalam proses pembelajaran merupakan upaya memperjelas materi pembelajaran pada siswa sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Selama inikegiatan pembelajaran IPS kurang berinovasi, sehingga menyebabkan kurangnya minat serta semangat belajar siswa, hal inilah yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang bagus. Penggunaan media gambar diharap dapat meningkatkan minat serta semangat belajar, sebab media gambar dapat menarik perhatian siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah guru dalam meingkatkan hasil belajar melalaui media visual di SMP Negeri 1 Sambit. (2) untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan hasil belajar melalui media visual di SMP Negeri 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan konsep analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Sambit tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui media visual dapat disimpulkan bahwa : 1) Langkah-langkah guru dalam meningkatkan hasil belajar melalui media visual di SMP Negeri 1 Sambit, yaitu: mempersiapkan media yang akan digunakan, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media, dan terakhir penutup yang berupa penguatan materi dan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. 2) Faktor yang mendukung dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media visual, yaitu: adanya interaksi yang baik antara guru dan murid, peran aktif guru dan kepala sekolah, proses pembelajaran yang berkualitas, keluarga yang turut mendukung kegiatan peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, letak sekolah yang strategis. Adapun faktor yang menghambat antara lain, pola perilaku peserta didik yang sulit diatur dan sarana prasarana yang tidak terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:18
Last Modified: 03 Jun 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14889

Actions (login required)

View Item View Item