Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Mufida, Ni'ma (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317228_NI'MA MUIFIDA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mufida, Ni’ma. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Intrinsik, Hasil Belajar
Keberhasilan belajar siswa secara konkrit bisa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa juga menjadi ukuran sejauh mana pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam hasil belajar siswa. Latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda dapat mempengaruhi belajar siswa, baik dari segi ekonomi, pendidikan orang tua, kasih sayang orang tua, dan hubungan anggota keluarga. Kemudian motivasi untuk melakukan belajar bagi siswa juga sangat penting dalam melakukan kegiatan pembelajaran dikarenakan motivasi merupakan pendorong yang dapat melahirkan semangat siswa. Siswa cenderung akan bersemangat untuk belajar karena ada motivasi yang kuat dari dalam dirinya agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Di SMPN 1 Pudak Ponorogo siswa kurang memiliki motivasi intrinsik yaitu kurangnya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar dengan perilaku malas belajar, sering mengerjakan tugas disekolah sehingga hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI kurang memuaskan. Selain itu jika dilihat dari kegiatan pembelajaran siswa, kurangnya belajar dan pengetahuan dirumah dari masing-masing siswa yang memang kebanyakan latar belakang keluarganya mempunyai jenjang pendidikan yang lebih rendah dimana ketika siswa dirumah tidak dapat berinteraksi mengenai pelajaran kepada keluarganya, sehingga siswa tidak mempunyai motivasi yang lebih untuk belajar dan menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Pudak Ponorogo, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Pudak Ponorogo, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Pudak Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pudak Ponorogo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan menggunakan SPSS. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang terdiri dari kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua, peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga, peneliti menggunakan analisis regresi berganda.
Adapun hasilnya adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Pudak tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 23,3%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi intrinsik terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Pudak tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 14%, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Pudak tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 34%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:17
Last Modified: 03 Jun 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item