PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENDIDIK SANTRI MILENIAL AGAR MAMPU MENGHADAPI PERUBAHAN ZAMAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO)

Dellasari, Prita (2021) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENDIDIK SANTRI MILENIAL AGAR MAMPU MENGHADAPI PERUBAHAN ZAMAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317261 PRITA DELLASARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prita Dellasari. 2021. Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Santri Milenial Agar Mampu Menghadapi Perubahan Zaman (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing bapak Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Santri Milenial, Perubahan Zaman
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berperan penting dalam membentuk karakter islam yang ramah dan juga toleran. Dengan mempertahankan tradisi yang sudah melekat pada sebuah pesantren kini menjadi tantangan tersendiri bagi pesantren di era perubahan zaman sekarang ini. Pesantren harus mampu mengambil budaya baru yang lebih baik dengan tetap berpedoman pada nili-nilai dan ajaran ulama terdahulu. Begitulah pesantren harus mendidik santri zaman sekarang yang terkenal dengan sebutan milenial dengan keunikan-keunikan dalam diri santri milenial yang tak lepas dari gadget dan kekinian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak perubahan zaman pada santri milenial di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. (2) mengetahui peran pondok pesantren dalam menghadapi perubahan zaman di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah Pondok Pesantren Al-Barokah yang terletak di Mangunsuman, Siman, Ponorogo. Data Primer penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Barokah, Pengurus Pondok Pesantren Al-Barokah dan santri sebagai pelaku santri milenial. Data Sekunder penelitian ini adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang peranan pesantren dalam mendidik santri milenial agar siap menghadapi perubahan zaman. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data, yaitu Reduction data, display data, dan conclusion drawing/verification. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dab Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasanya (1) dampak perubahan zaman yang ada di pondok pesantren al-barokah banyak membawa dampak positif di bandingkan dengan negatif atau madharatnya, karena pada dasarnya kebanyakan santrinya adalah seorang mahasiswa yang mana mereka harus mampu menghadapai perubahan zaman. Hal itu di tandai dengan adanya disruptive mindset, self driving dan rechape or create yang terjadi pada santri. (2) peran pondok Pesantren Al-Barokah dalam menghadapi perubahan zaman diantaranya ialah islamic source dengan tetap berpegang teguh pada al-qur’an dan sunnah. Human needs dengan melatih santrinya melalui pembiasaan, istiqomah dan juga praktik secara langsung. Serta dengan membatasi kebebasan menggunakan tehnologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIF WIBOWO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:17
Last Modified: 03 Jun 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item