Peran Pondok Pesantren di Era Globalisasi dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri

Ayumagara, Elda (2021) Peran Pondok Pesantren di Era Globalisasi dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317209 ELDA AYUMAGARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi merupakan suatu masa dimana terjadinya tantangan yang dapat merubah kondisi di berbagai aspek yang dapat menjadi ajang benturan nilai- nilai sosial budaya. Kondisi karakter saat ini telah manjadi perbincangan di ranah pendidikan dikarenakan atas terjadinya kerusakan moral dalam kualitas pendidikan yang terjadi di Indonesia, karena dalam pendidikan sebenarnya sangat membutuhkan fondasi berupa pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran dan fungsi pondok pesantren di era globalisasi dalam pembentukan akhlakul karimah (2) mendeskripsikan model pondok pesantren di era globalisasi dalam pembentukan akhlakul karimah santri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, hasil penelitian ini dihasilkan dari studi pustaka (Library Research) yang berarti telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang telah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan atau sebagai dasar pemecahan masalah. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur baik di perpustakaan atau tempat-tempat lain. Literatur yang dipergunakan tidak terbatas hanya pada buku-buku, tetapi dapat juga berupa bahan-bahan dokumentasi, jurnal, dan majalah-majalah.
Berdasarkan telaah yang telah dilakukan penulis maka dapat disimpulkan bahwa (1) Peran pondok pesantren di era globalisasi dalam pembentukan akhlakul karimah santri adalah peran pesantren dalam pendidikan akhlak ialah yang pertama, pesantren harus memerankan diri sebagai pengawal dan pelestari nilai-nilai agama sebagai bentuk dari upaya menanamkan nila-nilai karakter melalui budaya-budaya yang terdapat pada pesantren seperti halnya religius, jujur, toleransi, disiplin. Kedua, pesantren dituntut untuk memerankan diri sebagai pembaru pemahaman keagamaan. Ketiga, pesantren juga mengemban peranan, tugas, misi, dan fungsinya sebagai motivator, dan dinamisator pelaksana pembangunan pada tingkat lokal dan regional disini pondok pesantren juga berperan aktif sebagai “Agent of social change” di daerah masing-masing. Sedangkan fungsi pondok pesantren di era globalisasi dalam pembentukan akhlakul karimah santri adalah pertama, fungsi religius (diniyah), fungsi sosial (ijtimaiyah), fungsi edukasi yang mana dari ketiga fungsi tersebut masih berjalan hingga saat ini, mendalami dan menguasai ilmu agama yang nantinya dapat menjadi kader-kader penerus bangsa. (2). Model pondok pesantren di era globalisasi dalam pembentukan akhlakul karimah santri adalah model pendidikan pondok modern yang berupaya memadukan model pesantren tradisional dengan model pesantren modern. Dalam hal ini untuk mencegah terjadinya ledakan ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetitif, moral dan pluralisme di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:20
Last Modified: 03 Jun 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item View Item