KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE WAFA’ DAN METODE IQRA’ PADA SISWA DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AT-TAQWA NGUNTORONADI MAGETAN

Mahendra, Octaviani Rizki (2021) KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE WAFA’ DAN METODE IQRA’ PADA SISWA DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AT-TAQWA NGUNTORONADI MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317107_OCTAVIANI RIZKI MAHENDRA.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Mahendra, Octaviani Rizki, 2021. Komparasi Kemampuan Membaca al-Qur’an Metode Wafa’ dan Metode Iqra’ Pada Siswa di Taman al-Qur’an At-Taqwa Nguntoronadi Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa’, Metode Iqra’.

Kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam belajar al-Qur’an. Terdapat metode membaca al-Qur’an yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan berkembang di masyarakat dengan tujuan agar kemampuan membaca al-Qur’an tercapai dengan baik. Belajar al- Qur’an saat ini dilakukan dengan lebih variatif menggunakan metode belajar model baru yaitu metode Wafa’. Kecenderungan terhadap metode baru seperti metode Iqra’, Umi, Qira’aty, dan lain-lain lebih banyak digunakan oleh lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan mengamati beberapa metode. Metode tersebut yaitu metode Wafa’ dan Metode Iqra’, dimana penelitian ini akan membuat siswa lebih fokus dan kreatif dalam menggunakan salah satu metode tersebut. Penggunaan kedua metode tersebut dapat dijadikan pilihan oleh guru dalam menyampaikan membaca al-Qur’an, tidak hanya mempermudah proses pembelajaran membaca al-Qur’an tetapi juga menjadikan proses pembelajaran yang lebih menarik. Kedua metode pembelajaran tersebut perlu dilakukan pengukuran yang berkaitan dengan hasil belajar siswa, manakah yang lebih baik antara metode Wafa’ dan metode Iqra’. Salah satunya adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) At-Taqwa Nguntoronadi Magetan yang menggunakan metode Wafa’ dan Iqra’.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan membaca al- Qur’an anak yang menggunakan metode Wafa’ di TPQ At-Taqwa Nguntoronadi Magetan (2) mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an anak yang menggunakan metode Iqra’ di TPQ At-Taqwa Nguntoronadi Magetan dan (3) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Wafa’ dan metode Iqra’ di TPQ At-Taqwa Nguntoronadi Magetan
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika komparatif dengan independent sample t test serta lokasi penelitian di TPQ At-Taqwa Nguntoronadi Magetan. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 santri. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan membaca al-Qur’an santri yang menggunakan metode Wafa’ adalah sebesar 60,67 yang termasuk dalam kategori sedang, (2) nilai rata-rata kemampuan membaca al-Qur’an santri yang menggunakan metode Iqra’ adalah sebesar 31,33 yang termasuk dalam kategori sedang, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an yang signifikan antara santri yang menggunakan metode Wafa’ dan metode Iqra’ dinyatakan dengan nilai P-value (Sig.) sebesar 0,000 < α sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:16
Last Modified: 03 Jun 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item