..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERNALAR KOGNITIF DAN SOSIAL-EMOSIONAL BERORIENTASI ISU SOCIOSCIENTIFIC PADA TEMA SISTEM PERNAPASAN DAN PENYEBARAN COVID-19

Tuhuriyah, Siti Zahrotut (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERNALAR KOGNITIF DAN SOSIAL-EMOSIONAL BERORIENTASI ISU SOCIOSCIENTIFIC PADA TEMA SISTEM PERNAPASAN DAN PENYEBARAN COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
21131754_SITI ZAHROTUT TUHURIYAH_TADRIS IPA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pernapasan bukan hanya berperan sebagai proses pertukaran O2 dan CO2, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan manusia untuk hidup dengan bernapas. Apalagi baru-baru ini diberbagai sudut penjuru dunia terjadi peningkatan kasus infeksi Covid-19 yang dapat menyerang fungsi kesehatan sistem pernapasan. Secara tidak langsung salah satu dampak kesehatan yang ditimbulkan juga mempengaruhi berbagai aktivitas sosial masyarakat. Pada penelitian ini, untuk menilai kemampuan bernalar kognitif dan sosial-emosional peserta didik, peneliti berorientasi pada isu socioscientific.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui validitas instrumen tes kemampuan bernalar kognitif dan sosial-emosional berbasis isu socioscientific pada tema sistem pernapasan dan penyebaran Covid-19, (2) mengetahui kepraktisan validitas instrumen tes kemampuan bernalar kognitif dan sosial-emosional berbasis isu socioscientific pada tema sistem pernapasan dan penyebaran Covid-19, dan (3) mengetahui efektivitas validitas instrumen tes kemampuan bernalar kognitif dan sosial-emosional berbasis isu socioscientific pada tema sistem pernapasan dan penyebaran Covid-19.
Dalam penelitian Research And Development (R&D) ini, menggunakan metode pre-exsperimental design dengan model One-Shot Case Study. Sampel dipilih secara cluster random sampling dari jenjang pendidikan formal berbeda, yaitu kelas 5 (SD), kelas 8 (SMP), dan kelas 11 (SMA) sejumlah 80 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Ada beberapa teknik analisis dengan uji statistik, diantaranya uji validitas, reliablitas, tingkat kesulitan soal dalam Wright Map, uji daya pembeda, serta analisis One Way Anova.
Instrumen tes yang dikembangkan layak digunakan dengan revisi kecil. Selain itu, dari hasil validitas soal terdapat beberapa butir soal yang valid, reliabilitas soal sangat baik dengan nilai 0,94, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal yang cukup, serta beberapa respon positif dari peserta didik menunjukkan kepraktisan instrumen tes yang dikembangkan. Efektivitas instrumen tes menunjukkan bahwa kemampuan bernalar kognitif dan sosial-emosional antara jenjang SD, SMP, SMA tidak sama baiknya. Meskipun beberapa peserta didik di jenjangnya ada yang berhasil sampai pada level penalaran di atasnya, namun secara umum pada jenjang SD, sebagian besar peserta didik kemampuan bernalarnya pada level analisis argumentasi, pada jenjang SMP dan SMA pada level respons kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:11
Last Modified: 03 Jun 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item View Item