Kajian Materi Fikih Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar Dan Relevansinya Dengan Materi Fikih Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Mahmudah, Raisul (2021) Kajian Materi Fikih Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar Dan Relevansinya Dengan Materi Fikih Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TESIS 210617022 RAISUL MAHMUDAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahmudah, Raisul. 2021. Kajian Materi Fikih Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar Dan Relevansinya Dengan Materi Fikih Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Relevansi, MabadiAl-Fiqhiyyah, dan Materi fikih.
Ilmu fiqih merupakan suatu ilmu yang sangat berperan penting dan menjadi bagian landasan bagi peserta didik dalam melaksanakan ibadah mahdhoh dan ghairu mahdhoh. Khususnya pada ibadah mahdhoh seperti, taharah, salat, dan puasa. Melalui pengembangan bahan ajar materi fikih di Madrasah Ibtidaiyah khususnya pada jenjang kelas III dengan menggunakan Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar. Hal ini dapat dijadikan referensi tambahan bagi guru khususnya dalam penyampaian materi fikih di Madrasah Ibtidaiyah kelas III. Hal ini dikarenakan terdapat guru-guru, khususnya guru Madrasah Ibtidaiyah yang mengajarkan materi fikih dengan hanya mengacu dari buku teks pegangan siswa tanpa berupaya untuk mengembangkan bahan ajar yang ada, sehingga dengan adanya kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 dapat menambah dan melengkapi materi yang terdapat dalam buku teks materi fiqih kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 termasuk kitab yang mudah untuk dipahami khususnya bagi pemula, serta diharapkan mampu membetulkan kesalahan-kesalahan yang memungkinkan dapat membahayakan terhadap fikih. Sehingga perlu dilakukan penelitian terkait Kajian Materi fikih dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar dan Relevansinya dengan Materi fikih di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Materi fikih dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar. (2) Untuk mengetahui relevansi Materi Fikih dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syaikh Umar Abdul Jabbar dengan Materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar. Kemudian dianalisis dengan menggunakan content analysis atau analisis isi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Materi fikih dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar ada enam teori meliputi Ahkamul Islam, taharah, salat, zakat, puasa, dan haji. (2) Terdapat relevansi antara materi fikih dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Shaikh Umar Abdul Jabbar dengan materi fikih di kelas III Madrasah Ibtidaiyah yaitu materi tayamum, salat, dan puasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:13
Last Modified: 03 Jun 2021 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14858

Actions (login required)

View Item View Item