..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MAJLIS DIKIR ṢALAWAT WA TA’LIM NAHḌATUṬ ṬULLAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERAGAMA PELAJAR NU DI PAC IPNU-IPPNU SUKOREJO PONOROGO

Fadlillah Al Ghanis, Adeliya (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI MAJLIS DIKIR ṢALAWAT WA TA’LIM NAHḌATUṬ ṬULLAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERAGAMA PELAJAR NU DI PAC IPNU-IPPNU SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Al Ghanis, Adeliya Fadlillah. 2020. Implementasi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab dalam meningkatkan motivasi beragama pelajar NU di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Majlis Dikir Ṣalawat wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab , Motivasi Beragama, IPNU-IPPNU
Pendidikan merupakan proses untuk menghasilkan output yang mengarah pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas tinggi. Sehingga manusia dapat mempertahankan eksistensinya dalam masyarakat yang terus berkembang. Terlebih bagi pelajar, karena sesuai sebutannya “Pelajar” adalah tumpuan masa depan suatu bangsa, dan mereka merupakan komponen penting dalam setiap perubahan. Sehingga sangat disayangkan jika pelajar tidak mampu mengendalikan arah hidupnya, seperti kenakalan remaja, narkoba dan balap liar. Dalam hal ini tujuan pendidikan tidak semata-mata untuk memperkaya pengetahuan saja, tetapi juga untuk meningkatkan keagamaan, mewadahi bakat dan minat peserta didik, dan menjadikan generasi muda yang berakhlak. Maka dari itu, dengan kegiatan Majlis Dikir Ṣalawat wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab ini diharapkan bisa mewujudkan pelajar yang mampu memberikan teladan dan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan implementasi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo (2) untuk menjelaskan kendala yang dihadapi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo (3) untuk mengetahui kontribusi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab dalam meningkatkan motivasi beragama pelajar NU di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif jenis penelitian ini studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data utama dalam penelitian ini berupa kata-kata, dan tindakan informan, selebihnya data hasil observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo dilaksanakan dengan 3 rangkaian acara yakni: Majlis Dhikir, Ṣalawat, dan Ta’lim. Kendala yang dihadapi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo adalah tingkat kesadaran anggota dalam mengikuti kegiatan rendah, kurangnya dukungan orangtua, kurang pahamnya anggota pada jenjang kaderisasi, sulitnya koordinasi langsung, belum adanya sumber dana yang tetap dan semangat kader yang pasang surut mengikuti kegiatan. Kontribusi Majlis Dikir Ṣalawat Wa Ta’lim Nahḍatuṭ Ṭullab terhadap motivasi beragama pelajar NU di PAC IPNU-IPPNU Sukorejo Ponorogo yaitu: menjaga kesolidan antar kader, mengurangi kenakalan remaja, menjadi generasi muda yang berakhlak, dapat mengisi kegiatan keagamaan seperti walimatul ‘ursy maupun khitanan, mewadahi bakat kader yang menyukai ṣalawat, bisa mengurangi kegelisahan hati serta dengan berdhikir dan bersholawat menjadikan wasilah kita kepada Rasulullah SAW untuk mendapatkan syafaat-Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.MIFTAHUL ULUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:10
Last Modified: 03 Jun 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item View Item