Penerapan Pembelajaran PAI Menggunakan Model Synchronous dan Asynchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada Masa Pandemi Covid-19

Ash Sholihah, Vita Rizki (2021) Penerapan Pembelajaran PAI Menggunakan Model Synchronous dan Asynchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317418_VITA RIZKI ASH SHOLIHAH_PAI.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ash Sholihah, Vita Rizki. 2021. Penerapan Pembelajaran PAI Menggunakan Model Synchronous dan Asynchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Synchronous dan Asynchronous, Pandemi Covid-19.
Inti dari proses pendidikan adalah pembelajaran, yang mana selama proses pembelajaran berlangsung terjadi antara interaksi pendidik dan peserta didik. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pada masa pandemi covid-19 dalam bidang pendidikan adalah pelaksanaan pendidikan dari rumah secara daring (online). Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Jenangan, yang menerapkan model pembelajaran live synchronous dan asynchrounous mandiri. PAI adalah pembelajaran yang tidak hanya berupa teori saja namun juga praktik serta berperan dalam mengembangkan jiwa spiritual serta nilai moral peserta didik dan membentuk karakter anak. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui penerapan pembelajaran PAI di SMKN 1 Jenangan dengan menggunakan model pembelajaran tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan bentuk penerapan pembelajaran PAI model synchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada masa pandemi covid-19, 2) Untuk mendeskripsikan bentuk penerapan pembelajaran PAI model asynchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada masa pandemi covid-19, 3) Untuk menganalisis dampak dari bentuk penerapan pembelajaran PAI model synchronous dan asynchronous di SMKN 1 Jenangan Ponorogo pada masa pandemi covid-19.
Untuk itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMKN 1 Jenangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk penerapan pembelajaran PAI menggunakan model live synchronous (tatap muka), proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan sistem blok yaitu setiap kelas dibagi menjadi dua rombel. Pembelajaran live synchronous dilaksanakan pada hari Senin sampai hari Kamis. Pelaksanaan pembelajaran PAI secara live synchronous adalah hal yang tepat karena dalam rangka menekankan keutuhan dan keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. 2) Bentuk penerapan pembelajaran PAI model asynchronous mandiri menggunakan virtual class yang dibuat oleh bagian kurikulum SMKN 1 Jenangan. Pembelajaran dilaksanakan pada hari Jum’at. Bentuk pembelajarannya yaitu guru memberikan materi atau tugas yang diupload divirtual class lalu peserta didik mengerjakan tugas tersebut dari rumah dengan batas waktu pengumpulan tugas yang telah ditentukan. Contohnya materi asmaul husna. Peserta didik diminta membaca materi asmaul husna yang telah diupload, kemudian mengerjakan latihan soal dari materi asmaul husna. 3)Dampak dari bentuk penerapan pembelajaran PAI model synchronous dan asynchronous yaitu dampak positif dari pembelajaran live synchronous adalah materi dapat secara langsung dan mudah dipahami oleh peserta didik. Sedangkan dampak positif dari pembelajaran asynchronous mandiri adalah sebagai bentuk variasi model pembelajaran, selain itu peserta didik juga dapat mengembangkan pemikirannya, dan pembelajaran tidak monoton tatap muka saja. Sedangkan dampak negatifnya adalah peserta didik malas dalam belajar dan tidak ada pengawasan dalam belajar. Namun keduanya adalah kolaborasi model pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:10
Last Modified: 03 Jun 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item