Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Pakunden Ponorogo

Mahfud, Mahfud (2021) Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Pakunden Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
tesis upload pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo)

ABSTRAK

Alumni pondok pesantren idealnya memiliki kemampuan yang baik dalam bidang agama dan bisa menjadi solusi atas permasalahan umat. Idealnya lulusan pesantren mahir membaca kitab kuning. Namun tidak sedikit pondok pesantren yang mengedepankan pendidikan formal, sehingga santrinya memiliki kemampuan yang rendah dalam membaca kitab kuning. Peningkatan kemampuan membaca kitab kuning pada umumnya dengan meningkatkan kompetensi bidang nahwu. Namun demikian, tanpa manajemen peserta didik yang baik, keberhasilan meningkatkan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning akan kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, terdapat lembaga pendidikan yang mengelola santrinya dengan baik, sehingga ada peningkatan kemampuan santrinya dalam bidang membaca kitab kuning, yaitu Pondok Pesantren Nurul Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Implementasi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Qur’an (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Qur’an (3) Dampak dari implementasi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Adanya implementasi manajemen peserta didik ditinjau dari fungsi manajerial maupun fungsi operasional. Program pembinaan dan metode pembelajarannya menargetkan peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning. (2) Faktor yang mempengaruhi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Qur’an antara lain: a) Faktor pendukung meliputi: sistem pembelajaran yang tersusun rapi, kompetensi pengajar, motivasi dari pengasuh, pengajar dan pengurus pondok, figurisasi kiai dan pengajar, serta dukungan wali santri, alumni dan masyarakat. b) Faktor penghambat meliputi: kuantitas pengajar dan sarana dan prasarana, serta pengaruh dari luar. (3) Implementasi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Qur’an, berdampak baik pada peningkatan kemampuan santri dalam bidang membaca kitab kuning, dengan indikator: bagi santri tingkat 1 sudah mampu membaca kitab Safinat al-Naja kosongan, lafadz, makna dan tarkibnya, sedangkan bagi santri tingkat 2 ke atas, mampu membaca kitab Fath al-Qarib kosongan, lafadz, makna dan murodnya, serta juara dalam lomba Musabaqah Qiro’atul Kutub.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:11
Last Modified: 03 Jun 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item