Perilaku Konsumtif Santri Asrama Putri Pondok Pesantren "Al-Islam" Joresan Perspektif Al-Ghazali

Muthi'ah, Anny Kholilatul (2021) Perilaku Konsumtif Santri Asrama Putri Pondok Pesantren "Al-Islam" Joresan Perspektif Al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214209 ANNY KHOLILATUL MUTHI'AH HES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muthi’ah, Anny Kholilatul. 2021. Perilaku Konsumtif Santri Asrama Putri Pondok Pesantren “Al-Islam” Joresan Perspektif Al-Ghazali. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci: Konsep Konsumsi, Konsumtif, Perilaku Konsumen, Santri.
Skripsi ini membahas tentang perilaku konsumtif santri di Asrama Putri Pondok Pesantren “Al-Islam” Joresan Mlarak Ponorogo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya santri asrama putri yang tidak menaati peraturan untuk membawa uang saku sesuai dengan aturan yang berlaku di asrama, sehingga menyebabkan perbedaan jumlah uang saku yang dibawa oleh masing-masing santri. Santri yang masih kesulitan membedakan antara kebutuhan primer, sekunder maupun tersier menjadi boros dalam hal konsumsi. Imam Al-Ghazali berpendapat bahwa dasar dan motivasi dari aktivitas konsumsi adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. dan santri yang dalam kesehariannya dituntut untuk hidup sederhana, haruslah memiliki kesesuaian dengan prinsip ini agar mencapai kesejahteraan di dunia dan akhirat. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk meninjau perilaku konsumsi santri asrama putri menurut perspektif Al-Ghazali.
Dari latar belakang tersebut, penulis merumuskan tiga rumusan masalah terkait konsep konsumsi, pemenuhan kebutuhan dan konsumsi santri, serta perilaku konsumen. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan konsep konsumsi Al-Ghazali terhadap perilaku konsumsi santri asrama putri.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Data-data dalam penelitian ini dapat diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa santri asrama putri dalam memenuhi kebutuhannya lebih mengutamakan kebutuhan primer, terbukti mereka mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti alat tulis dan seragam, kebutuhan mandi dan mencuci, serta membayar iuran. Kebutuhan sekunder terpenuhi dengan laundry seragam oleh beberapa santri yang berhati-hati agar seragam tidak hilang atau masih basah ketika hendak dikenakan. Kebutuhan tersier santri terpenuhi ketika memiliki pakaian atau produk kecantikan berkelas. Sehingga seluruh kebutuhan santri terpenuhi dengan baik. Dan secara umum santri asrama putri telah menerapkan konsep perilaku konsumen Al-Ghazali, seperti memiliki sikap sederhana, qana’ah, sabar, zuhud, berpengetahuan tentang apa yang dikonsumsinya, serta memiliki sikap wara’ meskipun di tingkat terendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:10
Last Modified: 03 Jun 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item