Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Santun Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 2 Ponorogo

SIDIQ, MOCHAMAT (2021) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Santun Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210314266 MOCHAMAT SIDIQ.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu bangsa,salah satunya terletak pada mutu pendidikan. Karena mutu pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter santun dan berakhlak terpuji, dan semua itu tidak bisa lepas dari peran seorang guru, karena guru berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan meningkatnya mutu pendidikan maka karakter santun siswa melalui kegiatan keagamaan akan mudah untuk ditingkatkan
Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana upaya guru dalam meningkatkn karakter santun siswa melalui kegiatan keagamaan dari aspek kegiatan keagamaan di SMP Negeri 2 Ponorogo?Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan karakter santun siswa melalui kegiatan keagamaan dari aspek keteladanan di SMP Negeri 2 Ponorogo?.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini studi kasus.Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman, suatu analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan yaitu dengan menggunakan teknik triagulasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan upaya guru dalam meningkatkan karakter santun siswa melalui kegiatan keagamaan dari aspek kegiatan keagamaan adalah guru berupaya mengajak siswa berdoa sebelum pembelajaran dimulai dan membaca Al-Qur’an 5 menit, melaksanakan sholat dhuha dan sholat duhur berjamaah, membuat laporan ibadah, dan guru memberikan ekstra keagamaan yang bernama ROHIS, guru dan siswa melakukan kegiatan literasi keagaamaan setiap jum’at pagi, jum’at beramal setiap hari jum’at, serta selalu mengikuti kegiatan PHBI. Upaya guru dalam meningkatkan karakter santun siswa melalui kegiatan keagamaan dari aspek keteladanan adalah guru berupaya sebagai suri tauladan, motivator dan evaluator bagi para siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Irfan Riyadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:09
Last Modified: 03 Jun 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14848

Actions (login required)

View Item View Item