NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA

Andriyani, Risqi (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISQI ANDRIYANI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andriyani, Risqi. 2021. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter Remaja. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Remaja
Kasus kerusakan moral mengindikasikan telah terjadi pergeseran nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta berkurangnya kesadaran masyarakat pada nilai-nilai budaya, agama, dan falsafah bangsa. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bisa didapat dari buku bacaan yang mengandung nilai-nilai karakter yang bisa dipetik dan dicontoh oleh generasi penerus bangsa yaitu remaja, salah satunya dalam karya sastra. Karya sastra adalah salah satu wadah untuk mengantarkan tujuan Pendidikan Nasional sehingga memiliki peranan penting dalam menghantar nilai-nilai pendidikan karakter. Novel berjudul Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar merupakan salah satu novel bacaan untuk kalangan remaja yang di dalamnya banyak mengandung unsur nilai pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan, (2) relevansi pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan bagi pendidikan karakter remaja masa kini.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yakni jenis penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang bertumpu pada telaah kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yang muncul dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Yaitu nilai religius, yang di dalamnya meliputi kesabaran, ibadah sholat, keihklasan, menjaga silaturahim, dan berdoa. Nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai peduli sosial, nilai bersahabat/komunikatif, dan nilai gemar membaca. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan dengan pendidikan karakter remaja, yaitu dilihat dari lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan yang terdiri dari lingkungan, rumah, sekolah, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S. Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:12
Last Modified: 03 Jun 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item