Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Min 6 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.

Novitasari, Ria Putri (2021) Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Min 6 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIA PUTRI NOVITASARI (210617048) SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar
siswa, keaktifan belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas V di MIN 6 Ponorogo. Hal ini disebabkan karena pada
saat pembelajaran berlangsung masih terdapat siswa yang tidak bersunguh-sunguh
dalam mengikuti pembelajaran, keaktifan dan aktivitas belajar siswa juga masih
kurang karena pengunaan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab
yang kurang efektif pada proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dikelas V tersebut
dengan menggunakan metode talking stick.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) Untuk mengetahui
dampak penggunaan metode talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIN 6 Ponorogo. (2) Untuk
mengetahui dampak penggunaan metode talking stick dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIN 6
Ponorogo. (3) Untuk menegtahui dampak penggunaan metode talking stick dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
V di MIN 6 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart, prosedur
yang digunakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang
terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MIN 6
Ponorogo yang berjumlah 30 siswa.
Dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah (1) Metode talking stick
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Hai ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I 70% menigkat pada
siklus II menjadi 100%. (2) Metode talking stick dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan
adanya penigkatan pada siklus I keterangan sangat baik 13%, baik 43%, kurang
baik 43% menigkat pada siklus II keterangan sangat baik 43%, baik 57%
sedangkan keterangan kurang baik dan tidak baik sudah tidak ada lagi. (3) Metode
metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penigkatan
pada siklus I keterangan sangat baik 33%, baik 33%, kurang baik 33 % menigkat
pada siklus II keterangan sangat baik 47%, baik 53% sedangkan keterangan
kurang baik dan tidak baik sudah tidak ada lagi. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode
talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan
aktivitas belajar siswa kelas V MIN 6 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:13
Last Modified: 03 Jun 2021 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item