Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Al-Kahfi Siswa Kelas XII MA YP KH Syamsuddin Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Wahyuni, Mega Nur (2021) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Al-Kahfi Siswa Kelas XII MA YP KH Syamsuddin Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317340I MEGA NUR WAHYUNI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Lingkungan, Kemampuan Menghafal Surah al-Kahfi
Setiap individu memiliki perbedaan dalam kemampuan menghafal dan mengingat al-Qur’an, tetapi individu dapat meningkatkan kemampuan menghafalkan dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang baik serta memperhatikan metode yang tepat. Komposisi siswa yang ada pada kelas XII terbagi menjadi beberapa, siswa pondok, siswa yayasan dan siswa mukim dirumah. Adanya perbedaan komposisi tersebut merupakan fenomena menarik, sebab realita tersebut membawa implikasi yang berbeda terhadap kecepatan menghafal dan hasil menghafal siswa. Hal ini dikarenakan, perbedaan komposisi siswa dengan memiliki latar belakang lingkungan dan teman bergaul yang berbeda, disamping faktor situasi dan kondisi yang berbeda.
Tujuan Penelitian ini mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan lingkungan terhadap kemampuan menghafal siswa. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas XII MA YP KH Syamsuddin Ponorogo yang berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data ini diambil dengan teknik dokumentasi, koesioner dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Variabel interaksi teman sebaya mempengaruhi kemampuan menghafal nilai p-value (sig) adalah 0,000 < 0,05. (2) Varibel lingkungan tidak mempengaruhi kemampuan menghafal siswa dengan nilai p-value (sig) 0,685 > 0,05.(3) Secara simultan interaksi teman sebaya dan lingkungan mempengaruhi kemampuan menghafal dengan nilai p-value (sig) tabel Anova 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:12
Last Modified: 04 Jun 2021 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item View Item