..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN KETIKAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA ILMU MELALUI PROGRAM TAHFID " ONE DAY ONE AYAT " TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( Study Deskritif di MI Ma'arif Cekok )

Afiah Septiana, Nisaul (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN KETIKAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN CINTA ILMU MELALUI PROGRAM TAHFID " ONE DAY ONE AYAT " TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ( Study Deskritif di MI Ma'arif Cekok ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617031 NISAUL AFIAH SEPTIANA 02.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afiah Septiana, Nisaul. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Cinta Ilmu Melalui
Program Tahfid " One Day One Ayat " Tahun Pelajaran 2021( Study Deskritif
di MI Ma'arif Cekok ). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman, M.Pd.I. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Program Tahfid Al-Qur’an, dan Metode “One Day
One Ayat” Pendidikan meruapakan serangkaian usaha yang secara sadar dilakukan oleh setiap
invidu manusia guna meneruskan kelangsungan hidupnya, sedangkan karakter sendiri
merupakan fitrah yang dianugrahkan kepada manusia sejak ia lahir, namun hal tersebut akan
terus berkembang seiring berjalannya waktu. Maka, dengan pendidikankarakteryangterarah
secara rutin akan menumbuh kembangkan karakter baik yang melekat tertanam pada diri siswa
yang bersifat jangka panjang guna bekalnya kelak. Sehingga melalui program tahfid yang
dilaksanakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok ini membantu dengan membimbing dan
mendidik dari segi intelektualnya dengan menghafal dan memahami Al-Qur’an dengan
metode”One Day One Ayat”serta membentuk karakter disiplin dan cinta ilmunya melalui
pembiasaaan programnya. Peneliti ini betujuan untuk (1) Mendiskripsikan bentuk dari program tahfid Al-Qur’an
“One Day One Ayat” di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. (2) Mendiskripsikan program
tahfid Al-Qur’an “One Day One Ayat” terhadap Pendidikan Karakter Disiplin Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. (3) Mendiskripsikan Penerapan program tahfid Al-Qur’an “One Day
One Ayat” terhadap Pendidikan Karakter Disiplin Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. Untuk memperoleh data guna menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi
hingga diperoleh berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang
bermacam-macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Dengan
pengamatan yang dilakukan secara terus menerus, maka data yang diperoleh memiliki variasi
yang sangat tinggi. Berdasarkan analisis diatas peneliti memperoleh hasil berupa pembelajaran dengan
menerapkan program tahfid menggunakan metode “One Day One Ayat” di MI Ma’arif Cekok
ini dapat dikatakan berhasil menanamkan karakter disiplin pada siswa dengan pembiasaannya
secara rutin. Serta diketahui dari meningkatnya siswa di kelas 4 yang telah mampu
menghafalkan surat di Juz 30 dengan baik dan lancar dan siswa telah mampu membaca Al- Qur’an dengan baik sebagai pembuktian bahwa karakter cinta ilmu yang kuat pada individu
siswanya. Dengan pembiasaan tersebut siswa yang berada dalam lingkup madrasah akan
memiliki karakter yang sesuai dengan tujuan dan ketika telah dinyatakan lulus siswa akan
membawa karakter tersebut secara permanen dalam keberlangsungan hidup mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:05
Last Modified: 03 Jun 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item