Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Dalam Sistem Monetisasi Youtube

Ahmad, Habibi (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Dalam Sistem Monetisasi Youtube. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESEES UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Habibi, Ahmad. 2020. Tinjauan Hukum IslamTerhadap Kerjasama Dalam Sistem Monetisasi Youtube.JurusanHukumEkonomiSyariahInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. PembimbingHj. Atik Abidah M.S.I.
Kata Kunci:Syirkah, Akad,Bagi Hasil.
Penelitian ini berangkat dari masalah-masalah yang terjadi dalam kerjasama bisnis Google Adsense YouTube yangmerupakan situs tempat berbagi video paling populer di dunia, bahkan bisa dikatakan YouTube adalah situs video yang paling sering dan paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet.Fokus penelitian adalah pada akad dan mekanisme dalam prakteknya dilapangan, yang belum dapat diketahui dengan jelas. Sementara objek konten yang ditampilkan pun juga terkadang mengandung unsur pornografi, perjudian, dan lain sebagainya. Kemudian dalam hal pembagian keutungan juga harus diketahui secara jelas syarat dan rukunnya dalam hukum Islam.
Dari uraian diatas, maka permasalahan yang hendak penulis kaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasamaterhadap monetisasi YouTube? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penentuan bagi hasil monetisasi Youtube (Google AdSense)?
Dalam penelitian ini, penulis mengadakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku-buku referensi atau hasil penelitian lain untuk menunjang penelitian.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) Transaksi yang dilakukan dalam Google Adsense adalah sesuai dengan hukum Islam dan termasuk ke dalam jenis shirkah Abdan. Karena transaksi yang dilakukan secara tertulis. Sedangkan mekanisme yang dilakukan oleh pihak Goolge tidak sah menurut hukum Islam. Karena pihak publisher menggunakan identitas orang lain untuk melakukan sebuah pekerjaan yang semestinya tidak dilakukan. (2) Penetuan bagi hasil dalam praktek kerjasama bisnis Google Adsense di wilayah Ponorogo ini belum sesuai dengan hukum Islam. Karena pada prakteknya dilapangan publisher banyak yang belum mengetahui perolehan bagi hasil yang di dapat sebenarnya selama satu bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hj. Atik Abidah. M.S.I
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:01
Last Modified: 03 Jun 2021 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item View Item