Konsep Pendidikan dalam Studi Perbandingan Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) serta Implementasinya terhadap Pendidikan Dasar

Fauji, Deni Achmad (2021) Konsep Pendidikan dalam Studi Perbandingan Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) serta Implementasinya terhadap Pendidikan Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TESIS 210617020 DENI ACHMAD FAUJI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Fauji, Deni Achmad. 2021. Konsep Pendidikan dalam Studi Perbandingan Pemikiran Shaykh
Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) serta
Implementasinya terhadap Pendidikan Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo.
Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Studi Perbandingan, Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd,
Pendekatan Student Centered Learning (SCL), Pendidikan Dasar
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini.
Kurikulum tersebut terus mengalami revisi hingga tahun 2017 lalu. Sistem Student-
Centered Learning (SCL) adalah sistem pendidikan yang diusungnya. Sistem atau metode
tersebut seiring berjalannya waktu juga mulai diaplikasikan oleh guru. Metode tersebut
menjadikan murid sebagai pusat pembelajaran. Masalah muncul ketika guru
memanfaatkan metode SCL untuk bermalas-malasan. Anak didik juga kurang disiplin
akibat dari guru yang kurang bersikap keras. Guru yang memanjakan anak didiknya dengan
berbagai fasilitas yang disediakan dan guru yang hanya menasehati secara lembut tanpa
adanya tindikan nonverbal yang berujung pada mulai hilangnya keikhlasan dalam
menjalankan pekerjaan sebagai guru. Student-Centered Learning (SCL) bertolak belakang
dengan pembelajaran yang berpusat pada guru yang merupakan sistem pendidikan
konvensional. Metode pembelajaran konvensional telah dicontohkan oleh ulama Islam
terdahulu melalui kitab-kitabnya. Salah satunya adalah pemikiran Shaykh Bakr bin
Abdullah Abu Zayd dengan kitabnya Hilyah Thalibil Ilmi. Penelitian ini membandingkan
antara pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dengan Pendekatan Student
Centered Learning (SCL).
Berdasarkan permasalahan di atas tujuan kajian penelitian ini adalah (1) Untuk
Mendiskripsikan persamaan dan perbedaan Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu
Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL). (2) Mendiskripsikan kelebihan
dan kekurangan Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student
Centered Learning (SCL). (3) Mendeskripsikan Implementasi dari Pemikiran Shaykh Bakr
bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap
Pendidikan Dasar
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka
(library research). Penelitian ini dilakukan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan,
yaitu dengan mengkaji buku Terjemah Hilyah Thalibil Ilmi dan Pendekatan Student
Centered Learning (SCL) melalui metode deskriptif analitis, content analysis atau analisis
isi, dan metode historis, kemudian dibandingkan antara keduanya dengan studi komparasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Persamaan dan perbedaan Pemikiran
Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan Pendekatan Student Centered Learning (SCL)
dari segi metode pembelajaran, pendidik, dan anak didik. (2) Kelebihan dan kekurangan
Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd terletak pada kemanfaatannya bagi peserta
didik. (3) Implementasi dari Pemikiran Shaykh Bakr bin Abdullah Abu Zayd dan
Pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap Pendidikan Dasar adalah dengan
menggabungkan kelebihan dari keduanya menitik beratkan pada relasi yang baik antara
guru dengan peserta didik melalui progam pendidikan Student Teacher Aesthetic Role-
sharing (STAR).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:58
Last Modified: 03 Jun 2021 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item