..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Implementasi Program Penguatan Karakter Di Mts Darul Huda Mayak Ponorogo

Rachmadianti,, Vivi (2021) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Implementasi Program Penguatan Karakter Di Mts Darul Huda Mayak Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
210317227_VIVI RACHMADIANTI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program penguatan karakter adalah program guna membentuk generasi muda yang berkarakter. Salah satunya adalah di MTs Darul Huda, di madrasah ini semua tenaga pendidik terlibat dalam melaksanaakn program salah satunya adalah guru aqidah akhlaq, guru aqidah akhlaq mengajarkan tentang akhlaq sehingga lebih besar tanggungannya untuk keberhasilannya dalam membentuk generasi muda agar menjadi pemuda yang berkarakter.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan peran guru aqidah akhlaq dalam implementasi program penguatan karakter di MTs Darul Huda, (2) menjelaskan strategi guru aqidah akhlaq dala implementasi program penguatan karakter di MTs Darul Huda, (3) menjelaskan factor pendukung dan penghambat yang ditemui guru aqidah akhlaq dalam implementasi program penguatan karakter di MTs Darul HudaPenelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan latar MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi yaitu penggabungan observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan dilapangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran guru aqidah akhlaq di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo dalam proses implementasi program penguatan karakter dimulai dengan melakukan perannya sebagai guru yaitu pendidik dan pengajar, penasehat, teladan, motivator, fasilitator dan evaluator (2) strategi guru aqidah akhlaq dalam proses impelementasi program penguatan karakter di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo yaitu berorientasi pada pelaksanaan program, kebersamaan, dan juga intensitas program (3) factor pendukung dan penghambat yang ditemui guru aqidah akhlaq dalam proses implementasi program penguatan karakter adalah sarana dan prasara yang memadai, niat baik semua pihak, semangat dari para siswa, untuk factor penghambat kadang ada ketidak kompakan dari siswa, kurangnya respon dari siswa dan alokasi waktu yang kurang dalam pembelajaran aqidah akhlaq.
Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlaq, Program Penguatan Karakter.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:58
Last Modified: 03 Jun 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item