Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Bisnis Kain batik di Desa Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan

Farikhah, Ayu Naili (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Bisnis Kain batik di Desa Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210215155. ayu naili f skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ayu Naili Farikhah, Ponorogo 2021. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Bisnis Kain Batik Di Desa Tirto Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, praktik Bisnis kain Batik

Etika Bisnis Islam etika dalam berbisnis masih banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis terutama pelaku Bisnis Islam seperti pelaku Bisnis masih melakukan jual beli secara riba, mengamil keuntungan yang berlebihan, timbangan yang belum sempurna, menimbun barang produksi,skandal, mengambil hak orang lain. Dalam praktik pengembangan bisniss yang saat ini pesat, baik dalam sekala kecil, menengah maupun sekala besar berlomba-lomba untuk menguasai pasar secara luas dan melakukan berbahagia upaya untuk mendapatkan profit atau maksimal laba.
Dari latar belakang masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai; Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penggantian merek dalam bisnis kain batik di desa tirto kecamatan pekalongan barat kota pekalongan dan Bagaiamana tinjauan etika bisnis Islam pengambian keuntungan dalam bisnis kain batik di desa tirto kecamatan pekalongan barat kota pekalongan.
Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu jenis peneliti lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekaan kualitatif.
Dari hasil pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa:
(1) Bahwa praktik penggantian merek di toko sanaya tidak sesuai dengan teori etika bisnis Islam. Yakni tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam kesatuan, keseimbangan, kebebasan, berkehendak, tanggungjawab dan kebenaran.
(2) Berdasarkan uraian penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemilik toko batik sanaya dalam pengambilan keuntungan sesuai dengan etika bisnis Islam. Yakni dengan mempertimbangkan harga beli produk, biaya-biaya yang ditimbulkan serta mengambil keuntungan tidak lebih dari 50%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:55
Last Modified: 03 Jun 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item