Nilai-Nilai Akhlak Pada Abu Bakar as-Shiddiq dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP

Ratnasari, Desi (2021) Nilai-Nilai Akhlak Pada Abu Bakar as-Shiddiq dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317103 DESI RATNASARI PAI.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ratnasari, Desi. 2021. Nilai-nilai Akhlak pada Abu Bakar as-Shiddiq dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Akhlak, Abu Bakar as-Shiddiq, Materi PAI
Akhlak adalah suatu sifat lahiriyah manusia yang di bawa sejak lahir yang sudah mengakar dalam jiwa manusia itu sendiri. Yang berupa ucapan dan gerak tubuh/perilaku yang spontan tanpa perlu pemikiran dan pertimbangan. Adapun sifat yang lahir dari perbuatan baik disebut akhlak yang baik atau mulia, sedangkan sifat yang lahir dari perbuatan tercela disebut dengan akhlak yang buruk. Nilai-nilai akhlak mulia sangat penting dimiliki setiap manusia agar terjadi keselarasan dalam kehidupan bermasyarakat seperti berbuat adil, jujur, kasih sayang, sabar dsb. Sosok yang memiliki akhlak mulia yaitu Abu Bakar as-Shiddiq, yang dapat diljadikan sebagai keteladan yang patut dijadikan sebagai contoh berakhlak mulia.
Untuk mendeskripsikan masalah di atas peneliti merusmuskan masalah masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Abu Bakar as-Shiddiq? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak pada Abu Bakar as-Shiddiq dengan materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP?. Untuk menjawab permasalah tersebut penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian pustaka (library research), karena dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber utama penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik studi dokumenter, yaitu dengan mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, berupa arsip-arsip dan juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum-hukum. Adapun teknik analisis datanya adalah analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Abu Bakar as-Shiddiq: (1) Analisis nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Abu Bakar as-Shiddiq, meliputi: sabar, jujur, berani, adil, zuhud, tegas, dermawan dan penyayang. (2) Analisis relevansi nilai-nilai akhlak pada Abu Bakar as-Shiddiq dengan pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP, meliputi: sabar, jujur, zuhud, tegas, dan dermawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:09
Last Modified: 03 Jun 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item