PERAN PELATIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN MORAL SISWA DI ORGANISASI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) KOMISARIAT IAIN PONOROGO KOMISARIAT IAIN PONOROGO

Santoso, Alif Nur (2021) PERAN PELATIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN MORAL SISWA DI ORGANISASI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) KOMISARIAT IAIN PONOROGO KOMISARIAT IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Alif Nur Santoso PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Santoso, Alif. 2020. Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter dan Moral Siswa di Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate(PSHT) Komisariat IAIN Ponorogo.
Skripsi. Program Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Pelatih, Karakter, moral.
Masih banyak pelajar atau mahasiswa yang karakter dan moralnya masih kurang, serta banyak oknum yang mencoret nama baik pencak silat dengan melakukan hal-hal tercela seperti tawuran, konvoi dijalan, yang meresahkan masyarakat. Hal tersebut diakibatkan oleh minimnya penanaman pendidikan karakter dan moral yang kokoh dalam diri siswa. Pendidikan karakter dan moral ialah fasilitas yang berperan dalam menghasilkan manusia yang bermutu serta berpotensi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan tentang peran pelatih dalam pembentukan karakter dan moral siswa PSHT komisariat IAIN PONOROGO (2) Implikasi Keteladanan Pelatih terhadap karakter dan moral siswa di Persaudaraan Setia Hati Terate di Komisariat IAIN Ponorogo.
Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini adalah (1) peran pelatih dalam membentuk karakter disiplin, karakter tanggungjawab dan moralitas yang baik didalam diri siswa melalui komunikasi persuasif dan koersif. Dalam hal profesionalitas, pelatih juga mengajarkan latihan fisik, latihan teknik, dan kerohanian yang ada didalam kegiatan latihan PSHT. Pelatih menunjukkan semuanya yang diajarkan kepada siswa sama sekali tidak memungut biaya apapun dari siswanya. (2) implikasi keteladanan pelatih yaitu siswa menjadi punya kepribadian yang lebih baik dalam hal karakter dan moral contohnya antara lain: karakter disiplin, tanggung jawab, kerja keras, peduli social, toleransi, religious, komunikatif dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:55
Last Modified: 03 Jun 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item View Item