..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan kelancaran Membaca Kitab Kuning Pada Santri Di Pondok Pesantren Putri "Assalamah" Jalen Mlarak Ponorogo

Salmawati, Yunia (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan kelancaran Membaca Kitab Kuning Pada Santri Di Pondok Pesantren Putri "Assalamah" Jalen Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317001- YUNIA SALMAWATI - PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salmawati, Yunia, 2021. Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Pada Santri Di Pondok Pesantren Putri Assalamah Jalen, Mlarak, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Faultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.

Kata Kunci: Implementasi metode sorogan, kelancaran membaca, kitab kuning

Pondok Pesantren Putri Assalamah merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Ponorogo. Pondok pesantren putri assalamah ini merupakan pondok pesantren yang besiknya adalah salafiyah atau pondok kitab, tetapi ada sebagian santri yang hafalan al-Qur’an juga namun pondok pesantren ini fokus pada pembelajaran kitab kuning. Dari sini muncul permasalahan yaitu masih ada sebagian santri yang belum bisa membaca kitab kuning. Karena kebanyakan santri yang belum lancar membaca kitab kuning adalah santri baru atau santri yang belum pernah mempelajari kitab kuning. Maka dari itu metode sorogan menjadi jalan keluar terbaik untuk meningkatkan kelancaran membaca kitab kuning para santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan penerapan metode sorogan kitab kuning di pondok pesantren putri assalamah. (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat metode sorogan kitab kuning di pondok pesantren putri assalamah. (3) Menjelaskan Dampak metode sorogan dalam meningkatkan kelancaran membaca kitab kuning di pondok pesantren putri assalamah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Putri Assalamah Jalen Mlarak Ponorogo. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek yang diwawancarai oleh peneliti diantaranya adalah: pengasuh, pengurus, ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Putri Assalamah Jalen Mlarak Ponorogo.
Berdasarkan analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor pendukung yakni santri salaf yang ikut membantu dalam melaksanakan kegiatan sorogan dan faktor penghambat yakni tidak adanya persiapan sebelum kegiatan sorogan dimulai serta dampak yang sangat terlihat dari kegiatan sorogan ini adalah meningkatnya kelancaran membaca kita kuning para santri yang dulunya sama sekali tidak bisa membaca kini mampu membaca dengan baik serta bisa memahami kaidah-kaidahnya dan melatih rasa tanggung jawab serta kesadaran para santri karena kegiatan ini diadakan bukan hanya sabagai kewajiban dari pondok namun kebutuhan para santri itu sendiri. Dampak bagi para guru atau ustadzah adalah lebih bisa bersabar membimbing setiap santri karena metode ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:54
Last Modified: 03 Jun 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item