PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOROGAN DAN PENGUASAAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA DI MTS AL-KAUTSAR NGRAYUN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/ 2021

Nurhusna, Isnaini (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOROGAN DAN PENGUASAAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA DI MTS AL-KAUTSAR NGRAYUN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317223_ISNAINI NURHUSNA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan sebuah keterampilan yang dinilai sangat penting bagi seseorang dalam mempelajari segala sesuatu. Seorang siswa harus diberikan bimbingan dan kebiasaan yang baik untuk membaca, salah satunya yakni membaca Al-Qur'an. Dalam membaca Al-Qur'an diperlukan sebuah keterampilan yang baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Dengan menguasai ilmu tajwid seseorang akan mampu membaca Al-Qur'an secara baik dan benar. Selain itu, metode yang tepat juga akan mempengaruhi keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur'an, salah satunya yakni dengan menggunakan metode sorogan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sorogan terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, (2) untuk mengetahui pengaruh penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sorogan dan penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi dengan perhitungan SPSS. Teknik analisis data menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Untuk teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampel jenuh, yakni menggunakan responden sebanyak 42 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data, maka bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) penggunaan metode sorogan berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 dengan hasil persentase sebesar 10,4%, (2) penguasaan ilmu tajwid berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 dengan hasil persentase sebesar 10,6%, (3) penggunaan metode sorogan dan penguasaan ilmu tajwid berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MTs Al-Kautsar Ngrayun Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 dengan hasil persentase sebesar 15,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:08
Last Modified: 03 Jun 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item