..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, SCAN DOKUMEN LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)....Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Minat terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan Tahun Ajaran 2020/2021

Frastiyanti, Lina (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, SCAN DOKUMEN LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)....Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Minat terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317024_LINA FRASTIYANTI_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Frastiyanti, Lina. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Direct Instruction, Minat Belajar, dan Hasil Belajar.
Hasil belajar adalah kemapuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar harus terpenuhi karena merupakan sejumlah pengalaman yang diperoleh dan menghasilkan prestasi belajar dari siswa secara keseluruhan dan hal tersebut terjadi karena adanya perubahan perilaku setelah mengikuti proses belajar mengajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran direct instruction berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui minat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui penerapan model pemebelajaran direct instruction dan minat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan tahun ajaran 2020/2021.
Pendekatan dalam penelitian ini ialah kuantitatif, dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Sampling Jenuh Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data, teknik instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran direct instruction berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI. Berdasarkan perhitungan determinasi, didapatkan model pembelajaran direct instruction berpengaruh sebesar 68,9% terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan 31,1% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model. (2) Minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI. Berdasarkan perhitungan determinasi, didapatkan minat belajar siswa berpengaruh sebesar 78,1% terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan 21,9% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model. (3) Penerapan model pembelajaran direct instruction dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, didapatkan pengaruh penerapan model pembelajaran direct instruction dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI. Sebesar 80, 4% dan 19,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:06
Last Modified: 03 Jun 2021 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item