Nilai-nilai Karakter Pendidik dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran Karya Imam An-Nawawi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian

Miftakhurrahmah, Miftakhurrahmah (2021) Nilai-nilai Karakter Pendidik dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran Karya Imam An-Nawawi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317059 MIFTAKHURRAHMAH PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidik merupakan figur utama bagi peserta didik dalam Pendidikan. Sehingga penting bagi pendidik untuk memiliki karakter yang baik, karena selain mentransfer ilmu pengetahuan, pendidik juga berkewajiban untuk menanamkan nilai-nilai moral terhadap peserta didik. Namun, di era sekarang masih sering terdengar kasus-kasus yang berkaitan dengan kemrosotan moral pada pendidik, seperti membentak, mencaci bahkan sampai bersikap tidak senonoh terhadap anak didiknya. Dari kasus di atas, kompetensi kepribadian guru menjadi pertanyaan besar. Pendidik yang seharusnya memiliki kepribadian yang mantap, stabil, arif, bijaksana, berwibawa, berakhlak mulia, serta menjadi teladan bagi anak didiknya, justru malah memberikan contoh sikap yang tidak baik.
Maka dari itu penelitian ini akan menelaah kitab at-tibyan fi adabi hamalatil quran yang menjelaskan tentang karakter pendidik menurut pandangan Imam An-Nawawi, dengan tujuan: (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter pendidik dalam kitab kitab at-tibyan fi adabi hamalatil quran karya Imam An-Nawawi (2) untuk mengetahui relevansi niali-nilai karakter pendidik dalam kitab kitab at-tibyan fi adabi hamalatil quran karya Imam An-Nawawi dengan kompetensi kepribadian guru.
Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan ( Library research), karena peneliti menggunakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber utama penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter, yaitu dengan mengumpulkan dat melalui peninggalan tertulis, berupa arsip-arsip dan buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum-hukum. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitan secara ringkas menunjukkan bahwa (1) analisis nilai-nilai karakter pendidik dalam kitab kitab at-tibyan fi adabi hamalatil quran, meliputi ikhlas berniat karena Allah Swt, selalu menunjukkan akhlak mulia, bersikap rendah hati/tidak sombong, semangat dalam mengajar, tidak berharap lebih kepada pesrta didik, bersikap lemah lembut, dan memberikan nasehat yang maslahah. (2) terdapat relevansi antara karakter pendidik menurut An-Nawawi dengan kompetensi kepribadian antara lain pribadi disiplin, pribadi jujur, pribadi adil, pribadi berakhlak mulia, pribadi teladan, pribadi mantap dan stabil, pribadi arif dan berwibawa, pribadi dewasa, pribadi percaya diri. Selain itu, dalam kitab tibyan juga ditemukan bahwa pribadi yang ikhlas pada pendidik, walaupun pendidik berhak mendapatkan gaji, niat utama tetap hanya kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:51
Last Modified: 03 Jun 2021 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14797

Actions (login required)

View Item View Item