PENGARUH KOMUNIKASI GURU-SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA KELAS V SDN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nasta'in, Khusnul Umi (2020) PENGARUH KOMUNIKASI GURU-SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN IPA KELAS V SDN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_KHUSNUL UMI NASTA'IN_ 210617221__.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nasta’in, Khusnul Umi. 2021. Pengaruh Komunikasi Guru-Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dan IPA Kelas V SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Komunikasi Guru dengan Siswa, Hasil Belajar
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan, setiap individu pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu komunikasi tidak akan lepas dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti halnya dalam pendidikan guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa melalui komunikasi, tanpa komunikasi pembelajaran tidak akan berhasil. Karena keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh guru jadi seorang guru harus memiliki keterampilan berkomunikasi. Komunikasi dalam pendidikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena komunikasi guru dengan siswa merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran sehebat apapun perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru dan kompetensi guru yang baik tanpa adanya komunikasi antara guru dan siswa yang harmonis maka tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana komunikasi guru-siswa kelas V SDN 1 Jenangan Tema Sehat Itu Penting, (2) mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SDN 1 Jenangan Tema Sehat Itu Penting, (3) mengetahui hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Jenangan Tema Sehat Itu Penting, (4) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 1 Jenangan, dan (5) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Jenangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas, uji korelasi dan uji regresi sederhasa untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas V SDN 1 Jenangan, dengan jumlah sampel sebanyak 22 sampel.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan: (1) variabel komunikasi guru-siswa tergolong cukup baik yang dibuktikan dengan pengisian angket oleh siswa kelas V SDN 1 Jenangan memperoleh hasil persentase secara keseluruhan sebesar 89,66%, (2) variabel hasil belajar bahasa Indonesia tergolong cukup baik dengan persentase keseluruhan nilai yang diperoleh sebesar 78,15%, (3) variabel hasil belajar IPA tergolong cukup baik dengan persentase keseluruhan nilai yang diperoleh sebesar 79,1%, (4) dari uji hipotesis membuktikan bahwa nilai sig. sebesar 0,097 lebih besar dari nilai Alpha 0,05. Maka H0 diterima, yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi guru-siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN 1 Jenangan Ponorogo. Adapun nilai Koefisien Determinasi (R2) tergolong rendah sebesar sebesar 0,146 yang menunjukkan bahwa komunikasi guru-siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,146 x 100% = 14,6%. Sedangkan sisanya 85,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk ke dalam model (selain komunikasi guru-siswa), dan (5) dari uji hipotesis hasil penelitian membuktikan bahwa nilai sig. sebesar 0,136 lebih besar dari nilai Alpha 0,05. Maka H0 diterima, yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi guru-siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Jenangan Ponorogo. Adapun nilai Koefisien Determinasi (R2) tergolong rendah sebesar sebesar 0,119 yang menunjukkan bahwa komunikasi guru-siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 0,119 x 100% = 11,9%. Sedangkan sisanya 88,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk ke dalam model (selain komunikasi guru-siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:50
Last Modified: 03 Jun 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item