Upaya Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo

Alam, Muhamat Nurul (2021) Upaya Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315357_MUHAMAT NURUL ALAM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alam, Muhamat Nurul. 2021. Upaya Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag
Kata Kunci: Guru, Implementasi, Kurikulum 2013
Latar belakang penelitian ini adalah diterapkannya permendikbud no. 81 A tentang implementasi kurikulum 2013 pada sejumlah sebagian pendidikan. Diterapkannya kurikulum 2013 juga berdampak pada perubahan upaya guru dalam proses belajar mengajar. Pada penerapannya masih terdapat beberapa sebagian yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo. Kemudian selain Upaya guru penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dang penghambat implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo.
Berdasarkan latar belakang masalah dan sebagai penelitian, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan upaya guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong, Ponorogo. (2) Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong, Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Guru dalam implementasi kurikulum 2013 berperan sebagai pengganti orang tua, guru memberikan tugas kerja kelompok, guru memberikan tugas mengerjakan LKS untuk mengembangkan pengetahuan kognitif peserta didik. (2) Faktor pendukung implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo adalah kegiatan sosialisasi yang diperoleh melalui workshop, MGMP, dan sosialisasi lainnya, buku pengangan guru atau buku pedoman lain dapat mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. (3) Faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 di MA An-Najiyyah Lengkong Ponorogo guru masih membutuhkan pembiasaan dan pendalaman terkait implementasi kurikulum 2013, sarana dan prasarana yang ada juga belum mencukupi untuk melaksanakan pembelajaran dengan maksimal, seperti ketersedian LCD yang masih terbatas jumlahnya, keterlambatan kedatangan buku LKS

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:57
Last Modified: 03 Jun 2021 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item